27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Dukung Pengamanan Pilkades, Pemkab Madina Kucurkan Dana Hibah Rp3,5 M

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Madina (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten Madina mengucurkan dana hibah sebesar Rp3,5 miliar untuk mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2023 yang diperuntukkan untuk pengamanan Kepolisian dan TNI.

Berdasarkan keterangan resmi Pemkab Madina, penyerahan hibah tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution, Kapolres Madina HM Reza CAS dan Dandim 0212/TS.

Turut menyaksikan penandatanganan MoU, Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution, Sekda Alamulhaq Daulay, Asisten I Setdakab Sahnan Pasaribu, Asisten II Setdakab Syarifuddin, Asisten III Setdakab Lismulyadi dan Kadis PMD Mainul.

Adapun pembagian hibah tersebut yakni, Pemkab Madina menggelontorkan Rp2,4 miliar untuk Polres Madina dan Rp1,1 miliar untuk Kodim 0212/TS.

Sebelumnya, Bupati Madina HM Jafar dalam sambutannya meminta kepada penegak hukum untuk membantu berjalannya Pilkades dengan aman.

“Kami ucapkan terima kasih atas kesediaan TNI/Polri untuk mengamankan Pilkades,” katanya.

Sukhairi berharap dengan upaya dan komunikasi yang baik dengan masyarakat dapat memonitor dan meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

Sukhairi juga meminta kerjasama antar PMD dan Forkopimda Madina untuk melaksanakan sosialisasi bersama calon Kades.

Nantinya, kata Sukhairi, Polisi dan TNI memberikan pemahaman pentingnya keamanan, juga memberikan pemahaman bahwa kalah menang itu biasa.

Menurutnya, jika diberi pemahaman, masyarakat akan berpikir untuk meminimalisir kerusuhan. “Orang luar akan ngoceh melihat kita kalau kita ribut-ribut,” ucapnya seraya berharap seluruh.

Sukhairi berharap hibah yang diberikan dapat bermanfaat untuk keamanan dan kenyamanan Pilkades Madina.

“Semoga hibah ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berjalannya Pilkades nanti,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Madina AKBP HM Reza mengatakan akan melaporkan kegiatan tersebut ke Polda Sumut untuk mendapat persetujuan, arahan dan bimbingan dalam menjalankan pengamanan.

Reza juga mengatakan setelah dilaporkan dan mendapat arahan, Polres Madina akan mendapat bantuan dari personil Polda Sumut atau Polres terdekat. “Nanti sesuai arahan Pak Kapolda, makanya kami akan menyampaikan pesan ini,” ujarnya.

Saat bersamaan, Dandim 0212/TS Letkol Inf Amrizal mengemukakan akan menggunakan dana sesuai dengan yang diajukan dan menjalankan tugas dan tanggungjawab untuk pelaksanaan Pilkades.

Ia menambahkan setelah penandatanganan MoU juga, pihaknya akan melapor tentang agenda tersebut untuk mempersiapkan jumlah personil yang akan dikerahkan.

“Pengamanan dari TNI/Polri sudah cukup untuk pengamanan. Tapi kita tetap berdoa agar Pilkades berjalan lancar dan aman,” tuturnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru