28 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Menpora RI: PON XXI/2024 Tak Diundur di Tahun Politik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ario Tedjo menegaskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut akan berjalan sesuai jadwal pada September 2024.

Penegasan tersebut sekaligus menepis isu bakal mundurnya pelaksanaan PON 2024 karena bertepatan dengan tahun politik.

“Kemarin telah melakukan rapat koordinasi tentang penyelenggaraan PON di Sumut. Sebelumnya sudah dilakukan di Aceh. Kemarin bersama Gubernur Sumut dan Ketum KONI Pusat untuk kita menyamakan visi misi persiapan PON,” kata Menpora usai kunjungan kerja dan rapat koordinasi di Aula Tengku Rijal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut.

“Kebetulan kami dua hari di Aceh. Isu PON ditunda itu tidak ada. Mungkin harus disebarkan juga ke khalayak luas, bahwa pada prinsipnya Aceh juga komit dan siap dalam penyelenggaraan PON di 2024,” tegasnya.

Menpora menyatakan rapat koordinasi tersebut untuk menyamakan persepsi sekaligus misi antara pemerintah pusat dengan daerah, terutama mencari solusi bersama terkait dengan kendala di sektor sarana dan prasarana hingga pendanaan untuk persiapan menuju PON 2024.

Sementara, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerangkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyukseskan PON di Sumut.

“Secara maraton kita terus koordinasi terkait kesiapan venue maupun fisik maupun non-fisik. Pembangunan fisik terutama venue PON baru mencapai 36 persen. Sedangkan untuk persiapan non fisik sudah mencapai 58 persen,” ujarnya.

Sebelum melakukan rapat koordinasi, Menpora Dito telah mengunjungi beberapa venue di Deliserdang.

Sarana olahraga tersebut nantinya direncanakan untuk arena pertandingan beberapa cabang olahraga PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Peninjauan venue tersebut dilakukan di GOR Mini Pancing, Jalan William Iskandar, Deliserdang, Jumat (4/8/2023).

Sejumlah sarana olahraga yang ditinjau adalah gedung futsal, gedung boling, stadion mini dan juga gedung serba guna.

“Progres pembangunan di Sumut sangat baik. Apresiasi untuk Sumut dalam perencanaan yang sangat matang dan juga sangat siap,” kata Dito.

Sedangkan, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman juga memuji kesiapan Sumut dalam menyambut PON 2024.

Perkembangan yang ada disambut Marciano dengan gembira setelah melakukan kunjungan ke sejumlah sarana olahraga.

Adapun PON XXI/2024 Aceh-Sumut akan berlangsung pada September 2024 mendatang. Di Sumut, akan dipertandingan 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, 602 nomor pertandingan.

Berita Lainnya

Berita Terbaru