28 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

Polisi Gerebek Pangkalan Pengoplos Gas Subsidi di Delitua

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Polrestabes Medan melakukan penggerebekan di pangkalan pengoplosan tabung gas bersubsidi Jalan Cempaka, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK didampingi Kasat Reskrim Kompol T Fathir kepada wartawan mengatakan bahwa pengungkapan kasus pengoplosan gas itu dilakukan belum lama ini, serta mengamankan seorang pelaku berinisial RP yang merupakan pemilik pangkalan gas.

“Pelaku melakukan pemindahan isi tabung gas 3 Kg ke tabung gas 12 Kg,” kata Kombes Valentino.

Lanjutnya, dari hasil pemeriksaan, pelaku melakukan pengoplosan gas secara sendirian dengan cara memanaskan terlebih dahulu tabung gas 3 Kg dan mempekerjakan orang untuk memindahkan tabung yang sudah dioplos.

“Dalam seminggu pelaku mengaku sekitar 100 tabung gas hasil oplosan yang dapat diproduksi. Kemudian keuntungan yang didapat sekitar Rp5-8 juta perminggu,” ujar mantan Dir Lantas Polda Sumut itu.

Sedangkan untuk tabung gas 12 Kg yang kosong sambung Kapolrestabes, pelaku membelinya dari warga dan kemudian dijual melalui pangkalannya. “Tentunya ini melanggar UU Minyak dan Gas Bumi serta UU Ciptaker,” sebutnya.

Valentino melanjutkan pihaknya telah mengecek bersama ahli dari BPH Migas terkait pengoplosan gas tersebut.

“Untuk barang bukti yang disita sebanyak 63 tabung gas berukuran 12 Kg dan 100 tabung gas berukuran 3 Kg. Saat ini kita masih melakukan penyelidikan terkait adanya praktek serupa dari pangkalan gas lainnya,” pungkasnya. (TR)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru