26.9 C
Medan
Sabtu, April 20, 2024

Selamatkan Aset, PLN-Kanwil BPN Sumut Kembali Lakukan Koordinasi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – PLN Regional Sumut kembali melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut, di Kantor Wilayah BPN Sumut di Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (10/8/2023). Pertemuan fokus membahas penyelamatan aset.

Humas PLN UIP Sumbagut Effiaty Polapa menjelaskan hadir dalam kegiatan itu Kakanwil BPN Sumut Askani, GM PLN UIP SBU Hening Kyat Pamungkas, GM PLN UID Sumut Awaluddin Hafid, serta jajaran kedua instansi.

GM PLN UIP SBU Hening Kyat Pamungkas mengatakan koordinasi bersama antara BPN dan PLN ini dilakukan terkait penyelamatan beberapa aset yang masih terdapat kendala untuk penerbitan sertifikat.

“Pada semester 1 tahun 2023 UIP SBU berkolaborasi bersama Kantah Aceh telah menyelamatkan aset tanah PLTA Peusangan dengan penerbitan sebanyak 116 HGB, seluas 60.012 Ha,” ungkap Hening.

Selain itu, pihaknya juga berkolaborasi dengan Kantah Asahan dan berhasil menerbitkan sertifikat 55 HGB yang merupakan pemecahan di lahan milik HGU PTPN3. Serta juga bersama Kantah Aceh Barat dan Nagan Raya yang akan terbit sebanyak 29 HGB.

“Sedangkan kendala pensertifikatan yang di hadapi PLN UIP SBU terhadap lahan masyarakat, PT Swasta dan PTPN yaitu berkas pembebasan lahan dengan kondisi tidak lengkap dan hilang, pemilik sulit untuk ditemui,” urainya.

Kemudian, belum dilakukan pemecahan dari pemilik sebelumnya, belum turun waris dan sebagainya, SHM masyarakat/HGU perusahaan diagunkan di bank daerah maupun BUMN.

“Ada juga kendala lain, lahan milik PLN yang dikuasai oleh pihak lain, Overlapping dengan DAS, irigasi, KAI, tanah Pemkab/Pemprov, permasalahan sosial (minta dibayarkan kembali), penolakan masyarakat, Aparat Desa yang menolak menandatangani berkas penyertifikatan dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Merespons hal itu, Kakanwil BPN Sumut Askani mengaku pihaknya siap mensupport dan bekerja sama guna mencari solusi atas segala permasalahan yang dihadapi di lapangan.

“Dengan sinergitas antara BPN dan PLN yang sudah terjalin selama ini, kami berharap semua kendala bisa teratasi dan PLN bisa secepatnya mengamankan seluruh aset lewat sertifikasi,” ujarnya. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru