26.9 C
Medan
Sabtu, April 20, 2024

Wali Kota Medan Apresiasi Penanganan Stunting Melalui Kolaborasi Antara Kecamatan Dengan Bapak Asuh Stunting dan Klinik Asuh Stunting

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi dengan dilakukanya kolaborasi penanganan stunting antara Kecamatan Medan Tuntungan dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting yang digagas Kecamatan Medan Tuntungan.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Kecamatan Medan Tuntungan dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting yang disaksikan langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution di Lapangan Segi Tiga, Jalan Kemenyan Raya, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan.

Bobby Nasution mengatakan masalah stunting masih menjadi persoalan yang krusial, bukan hanya angka tetapi juga dampaknya sehingga apabila angka anak stunting ini tidak terus di tekan maka akan mempengaruhi cita-cita bangsa menjadikan Indonesia emas di tahun 2045.

“Kita masih punya PR bersama untuk menekan angka stunting di Kota Medan. Syukur alhamdulilah kota Medan telah berhasil menekan angka anak penderita stunting dari sebelumnya berjumlah 550 anak, kini menjadi 298 anak,kita harap jumlah anak stunting ini dapat terus kita tekan dan cegah dari mulai sejak ibu hamil,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution dan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution memberikan bantuan sembako dan bibit daun kelor kepada orang tua yang anaknya menderita stunting.

Selain itu Bobby Nasution juga menyarankan agar keluarga penderita stunting ini juga diberikan bantuan berupa ayam petelur sehingga daging dan telur ayam tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan gizi anak dan juga telurnya dapat dijual untuk menambah ekonomi keluarga.

“Saya menyarankan agar orang tua yang anaknya menderita stunting diberikan bantuan ayam petelur untuk diternak. sehingga telur maupun daging ayamnya dapat sebagian di konsumsi, sebagian lagi dijual untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” sarannya.

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, para pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan, Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto beserta Ketua TP PKK Kecamatan Medan Tuntungan ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga menyerahkan penghargaan kepada bapak asuh stunting serta klinik asuh stunting yang telah memberikan kepeduliannya dalam membantu anak-anak stunting di Kecamatan Medan Tuntungan.

Sementara itu Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto menjelaskan program kerjasama antara Kecamatan Medan Tuntungan dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting merupakan yang pertama digagas sebagai bentuk dukungan terhadap program bapak asuh stunting yang sebelumnya telah diluncurkan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Dalam kolaborasi ini kita menggandeng stakeholder sebagai bapak asuh stunting serta klinik swasta sebagai klinik asuh stunting yang nantinya akan membantu Puskesmas dalam menangani stunting di Kecamatan Medan Tuntungan,” ujarnya.

Dijelaskan Hendra lagi, saat ini jumlah anak stunting di Kecamatan Medan Tuntungan sebanyak 11 orang sehingga yang menjadi bapak asuh stunting juga berjumlah 11 orang sedangkan untuk klinik asuh stunting sebanyak 8 klinik.

“Jadi nantinya bapak asuh stunting ini akan membantu memberikan dukungan dana, dimana dana tersebut akan dikelolah oleh kader stunting untuk dibelikan bahan baku makanan dan dimasak, setelah itu akan disalurkan ke rumah-rumah anak penderita stunting selama enam bulan ke depan,” jelasnya.

Sedangkan untuk klinik asuh stunting, Hendra mengatakan klinik asuh stunting bertugas memberikan pelayanan kesehatan tehadap anak penderita stunting, artinya apabila ada anak stunting yang mengalami sakit maka dapat langsung dibawa ke klinik asuh stunting untuk mendapatkan perawatan secara gratis.

“Ketika anak stunting ini mengalami sakit dan membutuhkan perawatan maka harus langsung dibawa ke klinik asuh stunting. Begitu pula apabila anak tersebut membutuhkan asupan vitamin ataupun susu maka dapat dibantu melalui klinik asuh stunting tersebut secara gratis,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama salah seorang orang tua dari anak penderita stunting, Alemina merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution yang sudah memberikan bantuan kepada dirinya.

“Saya sebagai orang tua mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Wali Kota yang sudah memberikan bantuan kepada saya. Semoga dengan bantuan ini anak saya semakin sehat dan pertumbuhannya semakin baik,” ucapnya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru