31.7 C
Medan
Sabtu, April 20, 2024

Peringatan HUT ke 78 MA RI, Ini Harapan Syarmadani

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tebingtinggi (buseronline.com) – Pj Wali Kota Tebingtinggi Drs Syarmadani MSi menghadiri peringatan HUT ke 78 MA RI yang diselenggarakan Pengadilan Negeri Kota Tebingtinggi di Lapangan Pengadilan Negeri Tebingtinggi, Jalan 13 Desember.

Perayaan peringatan HUT MA ke 78 tahun 2023 dengan tema “Tingkatan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung” diawali dengan upacara yang dipimpin Ketua PN Kota Tebingtinggi, Cut Carnelia.

Syarmadani berharap peradilan di Indonesia dapat dengan mudah diakses masyarakat dan dapat memberikan keadilan yang adil-adilnya.

“Tentu kita berharap HUT ke 78 ini peradilan yang agung yang diharapkan rakyat Indonesia semakin terwujud dengan peradilan yang mudah diakses, yang murah dan yang terpenting adalah memberikan keadilan,” harapnya.

Ia juga menjelaskan pentingnya posisi keadilan bagi rakyat Indonesia dalam tatanan kehidupan.

“Ternyata republik ini begitu pedulinya dengan yang namanya keadilan-keadilan yang dimandatkan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Hari pertama kita merdeka, proklamasi, hari kedua kita susun konstitusi yang menjadi landasan bagi peradilan, hari ketiga dibentuklah lembaga peradilan MA ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua PN Kota Tebingtinggi Cut Carnelia membacakan amanat Ketua MA RI Prof Dr HM Syarifuddin SH MH menyampaikan bahwa peringatan hari ulang tahun ini, bukan hanya sekadar prosesi seremonial yang setiap dilaksanakan, namun lebih dari itu, peringatan ulang tahun ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi dan merefleksikan kembali apa saja yang telah kita lakukan serta apa rencana ke depan untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada.

Oleh karena itu, MA meminta kepada seluruh warga Mahkamah Agung dan seluruh badan peradilan yang berada dibawahnya untuk menjadikan HUT MA RI yang ke 78 tahun ini sebagai titik balik kebangkitan lembaga peradilan dengan melakukan gerakan perubahan dengan pola 3M, yaitu Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal terkecil, dan Mulai dari sekarang.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para hakim dan aparatur peradilan di seluruh pelosok Nusantara, yang telah bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati untuk menegakkan keadilan dalam suatu kondisi apapun,” ujarnya mengakhiri amanat Ketua MA RI.

Perayaan peringatan HUT ke 78 MA RI ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan pemberian penghargaan kepada para pegawai PN Tebingtinggi dan kepada Duta PN Tebingtinggi, serta foto bersama.

Turut serta hadir, Pj Sekda Kamlan Mursyid SH MM, Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution SH MH, Danramil 13/ TT Kapt Inf Yudi Chandra, Ketua PA Ridwan Harahap, Kapolres Tebingtinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon SIK MKP. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru