25 C
Medan
Minggu, Juni 23, 2024

Timnas Indonesia U-23 Runner Up, STY Berikan Masukan kepada AFF

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Thailand (buseronline.com) – Usaha dan kerja keras yang maksimal, sudah sangat ditunjukkan oleh para pemain penggawa Garuda pada laga final Piala AFF U-23, di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8/2023).

Bagaimana tidak, sepanjang 120 menit mereka berlari dan mencoba segala daya dan upaya untuk menggetarkan gawang Vietnam. Namun, takdir harus ditentukan dan berakhir dalam drama adu penalti.

Kemudian, pada akhirnya, tim U-23 Indonesia harus keluar sebagai runner-up Piala AFF U-23, seusai kalah adu penalti 6-5 (0-0) dari Vietnam.

Pelatih kepala tim Shin Tae-yong (STY) usai laga mengatakan sangat mengapresiasi para pemain di lapangan, karena sudah berjuang keras selama 120 menit, hingga adu penalti.

“Yang pertama, saya mengucapkan terima kasih utuk pemain kedua tim, Indonesia dan Vietnam. Saya juga mengucapkan selamat untuk Vietnam memenangi turnamen ini,” ucapnya.

“Apresiasi juga untuk usaha para pemain, itu merupakan 120 menit usaha yang luar biasa,” tambahnya.

Selain mengapreasiasi para pemain, Shin juga memberikan sedikit masukan untuk AFF, agar kedepannya mereka bisa membuat suatu turnamen yang lebih baik lagi.

“Hanya satu hal yang ingin saya sampaikan adalah jika AFF ingin anggotanya berkembang, pemain juga berkembang, kita harus memikirkan beberapa hal,” kata Shin Tae-yong.

“Saya tak bisa menyebutnya secara spesifik, tetapi beberapa situasi tidak menolong pemain. Pemain mungkin punya usaha yang hebat, tetapi keputusan (pengadil) salah. Dan keputusan salah itu tidak bagus. Bisa menghambat perkembangan pemain meskipun mereka punya usaha yang besar,” tambahnya.

Arkhan Fikri Pemain Terbaik

Pada kesempatan ini, gelandang Arkhan Fikri mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Piala AFF U-23 2023.

Turnamen ini boleh berakhir, namun tidak untuk tim U-23. Mereka masih ada satu gelaran besar lainnya di tahun depan yang dijanjikan oleh Shin Tae-yong, untuk dimenangkan.

Sebagai langkah awal untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, pelatih asal Korea Selatan itu mengonfirmasi bila akan mengadakan TC pada 4 September 2023 mendatang.

Dia juga sudah mengambil pelajaran dari turnamen ini untuk mempersiapkan ajang selanjutnya dengan baik.

“Kami sudah mendapat pelajaran dari turnamen ini dan akan bersiap lebih baik untuk TC Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, TC nanti mulai di tanggal 4 September,” tambahnya.

Indonesia akan memulai pertandingan pada 6-12 September mendatang. Mereka bersaing dengan Taiwan dan Turkmenistan. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru