27.8 C
Medan
Senin, Maret 4, 2024

Humas PLN UID Sumut Yasmir Lukman: Waspada akan Penipuan Dengan Modus Mengatasnamakan PLN

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseroline.com) – Manager Komunikasi dan TJSL/Humas PLN UID Sumut Yasmir Lukman mengatakan pelanggan PLN agar waspada terhadap pihak-pihak tertentu dengan modus penipuan mengatasnamakan PLN.

PLN tidak ada program Penggantian No ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan, kata Yasmir menjawab wartawan di Medan ketika dipertanyakan adanya beredar amplop yang bertuliskan tanda bukti pembayaran penggantian Nomor ID pelanggan PLN berbiaya Rp400.000.

Dikatakannya, PLN juga tidak mengakomodir pembayaran secara tunai tanpa disertai Bukti Pembayaran Online yang sah. Seluruh transaksi PLN sudah dilakukan secara online

Dalam hal penggantian Kwh Meter rusak/tua/buram, PLN tidak akan mengenakan biaya kepada pelanggan. Layanan ganti meter gratis.

PLN mengimbau untuk selalu berhati-hati terhadap berbagai bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN.

Dikatakannya, Tips aman menghindari penipuan berhati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung. Petugas PLN selalu dilengkapi surat tugas dan identitas pekerjaan yang jelas.

Semua transaksi pembayaran layanan PLN selalu menggunakan nomor register atau kode bayar. Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung.

Laporkan oknum yang mengaku sebagai petugas PLN melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123. Tidak mengunduh file atau aplikasi apapun dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan PLN.

Yasmir juga menginformasikan telah terjadi penipuan yang mengatasnamakan PLN di Surabaya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru