30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

Kecamatan Medan Kota Luncurkan Gerai UMKM Berkah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebagai upaya pengembangan UMKM dan mewujudkan program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kecamatan Medan Kota meluncurkan Gerai UMKM Berkah di Kantor Camat Medan Kota. Gerai ini menjual berbagai produk UMKM yang dihasilkan dari setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Kota.

Peluncuran Gerai UMKM Berkah ini dilakukan Camat Medan Kota, Raja Ian Andos Lubis. Hadir sejumlah pelaku UMKM, Ketua TP PKK Kecamatan Medan Kota, perwakilan Dinas Koperasi UKM dan Disperindag, Lurah se-Kecamatan Medan Kota, Babinsa dan Babinkamtibmas serta tokoh masyarakat.

Dari produk yang dijual di Gerai UMKM Berkah terdapat produk yang diproduksi dari limbah plastik dijadikan pot bunga dan limbah kain dijadikan tas untuk perempuan. Bahkan ada produk makanan yang sudah masuk dalam pasar modern seperti supermarket dan dikirim juga ke provinsi Aceh, produk tersebut adalah mie Rajati.

Dijelaskan Camat Medan Kota, gerai ini didirikan karena pengembangan UMKM termasuk dalam program prioritas pak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Oleh karena itu guna mewujudkan program tersebut Kecamatan Medan Kota mendirikan Gerai UMKM Berkah TP PKK Medan Kota.

“Ini adalah upaya kita untuk menaikkan kelas UMKM di Kota Medan. Artinya UMKM yang masih skala rumah tangga melalui gerai ini kita ingin menaikkan kelas untuk produk-produknya. Dengan langkah yang dilakukan ini diharapkan program prioritas pak Wali Kota Medan, Bobby Nasution segera terwujud,” kata Raja Andos.

Ia menambahkan pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Medan Kota nantinya bisa menjual produknya di Gerai UMKM Berkah yang berada di Kantor Camat. Artinya gerai ini juga sebagai wadah promosi bagi produk UMKM agar lebih dikenal oleh masyarakat.

“Pelaku UMKM bisa berkolaborasi dengan kami menitipkan produk usahanya. Nantinya masyarakat yang datang ke kantor Camat sedang mengurus administrasi kependudukan dan pelayanan lainnya dapat singgah dan membeli produk UMKM yang ada di gerai,” ujar Raja Andos.

Raja Andos juga menjelaskan mekanisme produk UMKM yang dijual di gerai ini dari setiap kelurahan. Nantinya setiap minggunya empat kelurahan akan digilir untuk mengirim dan menjual produk UMKM di sini. Dari berbagai produk UMKM yang dijual terdapat produk yang sudah dipasarkan di supermarket dan dikirim ke luar daerah.

“Mie Rajati adalah satu produk UMKM yang sudah masuk ke pasar modern dan dikirim ke luar kota. Nantinya kita akan membina produk ini agar segera memiliki HAKI guna melindungi produk UMKM tersebut,” sebutnya sembari menjelaskan pembinaan dan pelatihan kewirausahaan terhadap pelaku usaha juga telah dilakukan.

Dhuha Annisa, pelaku UMKM kecamatan Medan Kota mengaku bersyukur produk usaha cirengnya bisa dijual di gerai UMKM berkah. Tentunya ini menjadi wadah untuk mengembangkan usahanya, apalagi sebagai generasi millenial yang baru memulai usaha di tahun 2020 ini sangat perlu dukungan dan perhatian dari pemerintah seperti yang dilakukan Kecamatan Medan Kota.

“Gerai UMKM berkah ini merupakan gebrakan yang luar biasa karena dapat mewadahi produk yang dihasilkan pelaku usaha. Dengan dijualnya produk usaha di sini, kami berharap usaha kami dapat berkembang dan dikenal serta dinikmati lebih banyak orang, sehingga menambah profit bagi kami,” jelas Annisa.

Di tempat yang sama pelaku UMKM lainnya, Emidarmayanti, mengaku sangat bersyukur adanya gerai UMKM berkah ini, karena dapat meningkatkan penjualan produk usaha yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

“Adanya gerai UMKM berkah ini dapat mengenalkan produk usaha kepada masyarakat yang juga berdampak dengan peningkatan pendapatan pelaku usaha dan membantu perekonomian,” jelasnya. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru