26.7 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

KPRI Pemko Medan Beri Beasiswa kepada 184 Anak Berprestasi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pemko Medan memberikan beasiswa kepada 184 pelajar berprestasi anak anggota. Pemberian beasiswa ini diharapkan kian memotivasi pelajar SD, SMP, dan SMA itu meningkatkan prestasinya.

“Jangan dilihat dari nilai uang, namun inilah bentuk penghargaan kami terhadap kepada kalian yang telah berprestasi di sekolah masing-masing,” ujar Ketua KPRI Drs Ahmad Basaruddin kepada ratusan pelajar penerima beasiswa tersebut.

Dalam acara yang dihadiri Pengawas KPRI Pemko Medan, Sulaiman Harahap yang juga Inspektur Kota Medan, Sekretaris, Madona Susanti, dan Ketua II, Bahrian Effendi, Ahmad Basaruddin merincikan jumlah siswa SD penerima beasiswa sebanyak 61, SMP 61, dan SMA 62.

Untuk jenjang pendidikan SD, Juara I mendapat beasiswa uang tunai sebesar Rp1.500.000, Juara II Rp1.250.000, dan Juara III Rp1.000.000. Jenjang SMP, Juara I mendapat Rp1.750.000, Juara II Rp1.500.000, dan Juara III Rp1.250.000. Jenjang SMA, Juara I mendapat Rp2.000.000, Juara II Rp1.750.000, dan Juara III Rp1.500.000.

“Untuk SD, yang kita berikan adalah siswa Kelas IV naik ke Kelas V dan Kelas V naik ke Kelas VI. SMP, siswa Kelas VII naik Kelas VIII dan Kelas VIII naik Kelas IX. SMA, siswa Kelas X naik Kelas XI dan Kelas XI naik kelas XII,” rincinya.

Ahmad Basaruddin mengatakan pihaknya sengaja mengundang para siswa langsung agar mereka memiliki kebanggaan telah mengukir prestasi dan terdorong meningkatkannya.

Dia menerangkan, dalam menentukan penerima beasiswa berdasarkan surat keterangan dari sekolah siswa bersangkutan.

“Awalnya kita umumkan kepada anggota koperasi, lalu anggota koperasi mengajukan nama anaknya yang berprestasi dengan membawa surat keterangan dari sekolah,” ujarnya.

Pemberian beasiswa ini, lanjut Ahmad Basaruddin, telah berlangsung sejak tahun 2013 saat mendapat amanah menjadi Ketua KPRI. “Saat pandemi Covid-19 terhenti dan baru dilanjutkan pada 2023 ini,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pengawas KPRI Pemko Medan Sulaiman Harahap, mengharapkan beasiswa ini dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan prestasi.

“Yang nilai jumlah uangnya, berbanggalah kalian bisa meraih prestasi dan mendapatkan uang sendiri,” ujarnya seraya berpesan agar uang tersebut digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk menunjang pendidikan.

Sulaiman juga mengatakan, pemberiaan beasiswa ini mendukung visi misi Wali Kota Medan, Bobby Nasution mewujudkan Medan Berkah, Maju, dan Kondusif.

“Medan Maju adalah bagian dari visi misi itu yakni meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Kegiatan hari ini bentuk dukungan kita pada visi misi tersebut,” ungkapnya. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru