25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Ibu Iriana Kenalkan Wajah Baru TMII Kepada Pendamping Pemimpin ASEAN dan Mitra

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Ibu Iriana Joko Widodo menyambut para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta. Kegiatan Spouse Program yang merupakan bagian dari rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN ini dimanfaatkan Ibu Iriana untuk mengenalkan wajah baru TMII kepada para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra.

Kedatangan dimulai dari Ibu Vandala Siphandone dari Laos, Ibu Yuko Kishida dari Jepang, Ibu Pich Chanmony Hun Manet dari Kamboja, Ibu Rebeka Sultana dari Bangladesh, dan Ibu Jodie Hydon dari Australia.

Setelah itu, diikuti dengan kedatangan Ibu Wan Azizah Wan Ismail dari Malaysia, Ibu Louise Araneta Marcos dari Filipina, Ibu Ritu Banga dari Bank Dunia, Ibu Kim Kun-Hee dari Republik Korea, dan Ibu Ho Ching dari Singapura.

Usai disambut dan bersalaman dengan Ibu Iriana, para pendamping melakukan sesi foto bersama untuk kemudian menuju ke Art Market. Setelah itu, Ibu Iriana dan para pendamping menuju ke Panggung Budaya, TMII Archipelago untuk menyaksikan aktivitas berbasis budaya.

Ibu Iriana juga mengajak para pendamping pemimpin ASEAN untuk berkeliling melihat sejumlah anjungan provinsi di TMII Archipelago dengan menggunakan angkutan keliling (angling).

Kegiatan para pendamping diakhiri dengan peninjauan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan jamuan makan siang seraya diiringi lagu-lagu dari negara-negara ASEAN dan mitra di Sasono Utomo, TMII Archipelago.

Pada kesempatan itu, sejumlah pertunjukkan budaya telah dipersiapkan untuk ditampilkan kepada para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra. Pertunjukkan budaya dimulai dengan pertunjukan teatrikal “Si Pitung dan Aminah” yang diperankan oleh anak-anak Indonesia.

Ibu Iriana juga mengajak para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra untuk bermain alat musik dari Jawa Barat, angklung. Setelahnya, pertunjukan teatrikal kembali ditampilkan dengan latar belakang cerita perjalanan anak-anak berlayar menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Pulau Kalimantan.

Sesi pertunjukan budaya Indonesia ditutup dengan penampilan terjun payung yang dilakukan oleh para wanita dari TNI dan Polri.

Ibu Iriana pun berharap para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra dapat berkeliling secara langsung ke seluruh daerah di Indonesia.

“Kita juga dapat menyaksikan versi mini dari Indonesia, mungkin bisa melihat yang ada di sini, ini adalah peta Indonesia versi mini. Ibu-ibu harusnya tidak hanya melihat ini saja nanti bisa keliling di seluruh Indonesia,” ucap Ibu Iriana. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru