24 C
Medan
Rabu, September 18, 2024

Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Libas Taiwan 9-0

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Solo (buseronline.com) – Timnas Indonesia U-23 mengalahkan China Taipei atau Taiwan U-23 dengan skor telak 9-0. Kemenangan ini membuat jalan menuju putaran final Piala Asia U-23 terbuka lebar.

Laga Timnas Indonesia U-23 menghadapi Taiwan U-23 pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 ini dihelat di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) malam.

Tampil di hadapan belasan ribu suporternya, Timnas Indonesia tampil trengginas.

Gelontoran gol langsung mengalir lewat tendangan bebas Marselino Ferdinan pada menit kedua disusul gol Ramadhan Sananta pada menit ketujuh. Kedudukan sudah berubah 2-0 pada menit-menit awal.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong, menggunakan formasi 4-4-2. Namun saat menyerang, formasi berubah menjadi 3-4-3. Taktik itu sukses memborbardir Taiwan yang menggunakan formasi dasar 5-4-1.

Pada menit ke-20, giliran Rafael William yang mencetak gol. Gol itu tercipta dari kerjasama Marselino, Sananta, dan Rafael yang sukses menjebol pertahanan Taiwan. Skor kembali berubah menjadi 3-0.

Sepakan Witan membuat Indonesia sukses mencetak gol keempat pada menit ke-30. Pada menit ke-40, Ilham Rio sukses membuat Stadion Manahan Solo kembali bergemuruh.

Mendapatkan umpan dari tarik dari Witan, Ilham yang berlari dari belakang langsung melakukan tembakan yang tak bisa diantisipasi Chang Hsiang-chun. Kedudukan 5-0 bertahan hingga peluit akhir babak pertama ditiup wasit.

Sebelum laga dimulai, kedua tim melakukan pergantian pemain. Ramadhan Sananta yang mencetak satu gal pada babak pertama, digantikan Hokky Caraka. Sementara Taiwan memasukan Chen Chun Fu, untuk menggantikan Ng Pui-hei.

Tak butuh waktu lama, pada menit ke-55 bek naturalisasi Indonesia Elkan Baggott menambah pundi-pundi gol Indonesia. Memanfaatkan umpan dari tentangan sudut Arkhan Fikri, pemain yang memiliki tinggi 194 centimeter itu dengan mudah melakukan sundulan ke gawang Taiwan. Skor menjadi 6-0.

Dua menit berselang, Marselino berhasil brace. Maselino yang berdiri di sisi kanan, mendapatkan umpan daerah dan langsung menggiring bola ke arah gawang Chang Hsiang-chun. Sepakannya sukses memperdaya kiper, dan menjadikan papan skor berubah 7-0.

Pada menit ke-65, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong, kembali melakukan pergantian pemain. M Rayhan Hannan masuk menggantikan Ivar Jenner, dan Komang Teguh masuk menggantikan Rizky Ridho.

Pergantian pemain kembali dilakukan Indonesia pada menit ke-76. Marselino yang mencetak brace, ditarik keluar digantikan Jaem Kelly Sroyer, dan Witan Sulaeman digantikan M Fajar Fathur.

Pada menit ke-78, Hokky Caraka yang menggantikan Sananta sukses mencetak gol. Berawal dari umpan tarik yang diberikan Arhan Pratama dari sisi kiri.

Umpan itu diterima kepada M Fajar, lalu langsung diberikan kepada Hokky Caraka dan langsung ditembakkan ke gawang Taiwan. skor berubah menjadi 8-0.

Pratama Arhan membuat papan skor berubah menjadi 9-0 pada menit ke-85. Kiper Taiwan Chang Hsiang-chun yang kalah cepat dengan Prata dalam bola tanggung, membuat Arhan berdiri bebas di depan gawang, dan dengan mudah mencetak gol ke gawang yang kosong.

Dengan hasil ini, Indonesia memuncaki Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2023 dengan 3 poin. Jumlah poin Indonesia sama dengan Timnas Turkmenistan U-23, namun Indonesia unggul produktivitas gol. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru