26 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Bupati Dairi: Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif Harus Memiliki Skill

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sidikalang (buseronline.com) – Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi menggelar pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar.

Kegiatan pelatihan dibuka Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Dairi Rahmat Syah Munthe di Aula Hotel Berristera Sidikalang.

Eddy Berutu mengatakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata harus memiliki skill (keahlian) seperti berbahasa Inggris, pemahaman tentang produk yang akan dipasarkan.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi, menyelesaikan masalah, berpikir kritis juga harus dimiliki, agar bisa menghadapi perkembangan zaman.

“Usia muda butuh sumber daya untuk berkembang. Jika hanya menanti saja, maka setiap perkembangan akan terlewatkan. Peserta harus memiliki semangat pro aktif dan agresif. Karena pengetahuan adalah hal yang utama untuk mengembangkan diri,” ungkapnya.

Ia mengatakan berbicara mengenai pariwisata, Sumut memiliki magnet yang sangat kuat yaitu Danau Toba. Dalam waktu dekat di Dairi, akan hadir suatu event internasional yang akan menarik seluruh wisatawan. Event tersebut adalah jetski yang akan berlangsung di Tao Silalahi pada November 2023.

Diharapkan para pembalap dari berbagai negara serta wisatawan akan menghabiskan banyak waktunya di Silalahi. Hal itu jadi peluang, untuk memperkenalkan pariwisata serta budaya kita.

“Hadirnya wisatawan juga akan memberi dampak untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Silahisabungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Rahmat Syah Munthe menyampaikan kegiatan pelatihan diikuti pelaku usaha, pemandu wisata serta kelompok sanggar seni dan tari. Pelatihan akan dilaksankan selama 3 hari. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru