24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Siswa SMPN 12 Tanjungbalai Laksanakan Gladi Bersih ANBK 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tanjungbalai (buseronline.com) – Sebanyak 45 siswa-siswi sekolah SMP Negeri 12 Kelas VIII, Kota Tanjungbalai, melaksanakan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Ruang Laboratorium Komputer Sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMPN 12 Tanjungbalai Hastuty Wulandary saat ditemui di ruang kerjanya.

“Pelaksanaan gladi bersih ini tentunya untuk mempersiapkan siswa-siswi kami siap untuk menghadapi ANBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 September 2023 nanti,” katanya.

Hastuty mengatakan kegiatan gladi bersih ANKB dilakukan selama dua termin.

Ia juga menjelaskan bahwa Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Asesmen nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan yang tujuan utamanya adalah pengembangan kompetensi dan karakter murid,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, asesmen nasional juga tidak menentukan hasil kelulusan peserta didik, namun melalui asesmen nasional diharapkan dapat menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

“Dari kementerian sudah mengeluarkan jadwal pelaksanan ANBK selama empat hari yakni, dari tanggal 18 hingga 21 September 2023. Pihak sekolah memilih dan menentukan jadwal pelaksanaan dan kami nanti akan melaksanakannya tanggal 18 dan 19 September nanti,” sebutnya.

Ia menyampaikan bahwa hari pertama nanti akan dilakukan uji materi literasi dan hari kedua uji materi numerasi. Kedua materi tersebut merupakan kompetensi yang mendasar dan diperlukan oleh semua murid.

“Literasi merupakan kemampuan untuk memahami dan memecahkan permasalahan dan numerasi merupakan kemampuan menganalisis menggunakan data,” pungkanya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru