27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Rakor FKUB, Simalungun Miniatur Indonesia

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi membuka rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (Rakor FKUB) di Gedung MUI Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Rakor tersebut mengusung tema “Rawat kerukunan wujudkan keharmonisan”.

Ia menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan rakor Forum Kerukunan Umat Beragama. Kabupaten Simalungun dinilai sebagai miniaturnya Indonesia karena dihuni berbagai suku dan agama.

“Di Simalungun terasa sekali kebhinekaan, semua suku ada. Kerukunan umat beragama terjalin dengan baik yang dilandasi dengan habonaron do bona,” tutur Zonny.

Filosofi “habonaron do bona” diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi dan silaturahmi terbangun dengan baik sehingga tercipta hubungan yang harmonis.

“Pemkab Simalungun tidak mungkin mencapai visi misi jika masyarakatnya tidak kondusif. Untuk itu, suasana kondusif harus kita pertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Ketua FKUB Simalungun H Nurdin Panjaitan menjelaskan rakor FKUB Simalungun dilakukan minimal sekali setahun. Dalam menghadapi Pemilu 2024, gesekan di tengah masyarakat dinilai sudah mulai terasa. Agenda Rakor FKUB juga untuk menciptakan Pemilu yang damai.

“Mari kita bumikan FKUB menjadi wadah kita bersama karena FKUB dibentuk dari masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah. FKUB siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Simalungun,” kata Nurdin.

Sebagai narasumber dalam Rakor tersebut didatangkan dari Polres Simalungun, Kejari Simalungun, Kesbangpol Simalungun, Kemenag Simalungun dan FKUB Simalungun. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru