25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Tingkatkan Kualitas, Disperpusip Sergai Gelar Pembinaan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sei Rampah (buseronline.com) – Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas perpustakaan yang sesuai dengan standar nasional perpustakaan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) menggelar pembinaan Perpustakaan pada Satuan Pendidikan Dasar di seluruh wilayah Kabupaten Sergai bertempat di Aula Gedung Dinas Perpustakaan, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Ir H Kaharuddin MM menyampaikan bahwa sesuai amanat UUD RI 1945 Perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat, mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional.

Menyadari hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang perpustakaan sebab dengan sistem perpustakaan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas, mampu menyesuaikan diri untuk kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Perpustakaan sebagai penunjang pendidikan pada dasarnya merupakan suatu usaha pengembangan SDM walaupun usaha pengembangan SDM tidak hanya dilakukan melalui pendidikan khususnya pendidikan formal,” terang Bupati.

Ia menyampaikan bahwa upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, perpustakaan diharapkan menyajikan layanan minimal sesuai dengan standar nasional penerapan standar nasional perpustakaan yang dilakukan melalui kegiatan akreditasi Perpustakaan.

Akreditasi Perpustakaan, lanjutnya lagi, merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi Perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga Perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan Perpustakaan tentunya.

“Sebagai masyarakat Kabupaten Sergai kita patut berbangga karena mempunyai Perpustakaan Daerah yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip telah terakreditasi dengan nilai “B” dan memiliki gedung layanan Perpustakaan yang sangat megah dan berstandar nasional sehingga dapat membantu masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk mencari informasi dan mencerdaskan masyarakat,” cetus Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati melalui Asisten Administrasi Umum berharap kepada para peserta kegiatan pembinaan Perpustakaan pada satuan pendidikan dasar untuk dapat memanfaatkan acara ini sebagai wahana belajar sekaligus mengembangkan Perpustakaan yang saudara kelola sehingga dapat memperoleh akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” pungkasnya.

Dewi Sulistriani SSos selaku panitia penyelenggara kegiatan dalam laporannya menyebut jika kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan sejak berdirinya Dinas perpustakaan dan arsip.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini antara lain; untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja Perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Selanjutnya untuk meningkatkan kualitas perpustakaan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Perpustakaan Nasional, Kemudian meningkatnya kunjungan Pemustaka dengan memanfaatkan sarana dan prasarana perpustakaan yang sudah sesuai dengan standar nasional penyelengara kegiatan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Elida Sitianuri SE, Sekretaris Disperpusip Juanda PAsaribu SH MHum, Kepala Bidang Perpustakaan (Kabid Perpus), Sri Endang Wahyuni SE MM, narasumber Disperpusip Provinsi Sumut Drs Candra Silalahi MSi serta para undangan sebanyak 50 orang berasal dari 25 sekolah SD, SMP, SMA/sederajat. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru