25.2 C
Medan
Kamis, April 25, 2024

USU Disebut Kampus Terbaik Kedua di Sumut Pendapat Tidak Valid

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kepala Kantor Humas USU Amalia Meutia MPsi mengatakan lembaga yang bereputasi menyampaikan hasil peringkat universitas berdasarkan pendapat dari suatu media tidak valid.

Hal itu dikatakan Amalia Meutia ketika diminta tanggapan terkait berita yang menyebut USU kampus urutan kedua terbaik di Sumut. Di dalam berita itu justru disebutkan nama sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai kampus terbaik 1 di Sumut.

Seperti diberitakan JatimNetwork.com, Selasa (19/9/2023), daftar universitas terbaik di Medan ini merupakan ulasan dari laman terpercaya bernama UniRank 2023.

Dilansir JatimNetwork.com dari laman 4icu.org, berikut ini akan mengungkap top 5 universitas terbaik di Kota Medan, Sumut.

Di berita tersebut disebutkan nama sebuah PTS di Medan yang disebut terbaik 1, urutan kedua USU dan ketiga swasta lagi, keempat Unimed, kelima dan seterusnya dituliskan nama-nama universitas swasta lainnya.

Oleh karena itu, Amalia mengaku bingung, merankingnya berdasarkan apa. Perangkingan universitas oleh badan bereputasi biasanya skalanya nasional atau internasional. Tidak ada yang membuatnya untuk skala provinsi, kemudian berbeda-beda juga stressing point-nya.

Ada yang mengukur kinerja institusi di empat bidang yakni pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan pandangan internasional (THE World University Ranking).

Ada yang mengukur jumlah dan kualitas jurnalnya (The SCImago Journal Rank)
Ada yg mengukur berdasarkan websitenya (Webometric atau UniRank) dan lain-lain.

“Ya disampaikan bahwa perangkingan perguruan tinggi itu dinilai berdasarkan kriteria tertentu. Contoh USU mendapatkan ranking 12 universitas terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023,” ujarnya.

Maka ranking 12 itu, ia menyebutkan berdasarkan kinerja institusi di empat bidang: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan pandangan internasional.

“Nah, untuk kategori yang lain, USU beda lagi peringkatnya. Sehingga ketika melihat ranking perguruan tinggi juga harus lihat institusi mana yang mengeluarkan (versi mana),” jelasnya (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru