26.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Pelatihan Implementasi Pola Asuh Anak dan Remaja di Sergai

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Pemkab Sergai menggelar pelatihan implementasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) yang dikemas dalam promosi dan sosialisasi kelompok kegiatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Bupati Sergai diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Zulfikar saat membuka kegiatan menyampaikan, anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dan didik dengan baik.

Setelah dewasa kelak, diharapkan dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, serta mampu membahagiakan dan membanggakan kedua orang tua.

Ia berharap seluruh peserta dapat mempersiapkan anak-anak sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai yang baik, dimulai dari keluarga, mengajarkan kejujuran, dan tanggung jawab.

Era serba digital sekarang ini, lanjutnya, pola asuh anak dan remaja juga harus disesuaikan.

Hal ini disebabkan penggunaan teknologi yang berlebihan kadang menyebabkan berkurangnya interaksi antar manusia secara langsung, menurunnya nilai-nilai gotong-royong di dalam diri individu, keluarga, dan masyarakat.

“Tentu ini tidak terlepas dari pola asuh yang berupaya membantu anak agar bersikap kritis terhadap pengaruh pengaruh negatif dari era digital. Pola asuh berasal dari kegigihan orang tua dalam mempersiapkan anak-anaknya untuk meraih masa depan yang cemerlang,” ujarnya.

Zulfikar berharap implementasi PAAR nantinya dapat menjadikan manusia Indonesia yang cerdas, sehat, religius, dan berkarakter di masa mendatang.

Sementara, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengutarakan TP PKK merupakan organisasi masyarakat yang diperuntukan bagi para wanita dengan tujuan agar para wanita dapat mengembangkan dirinya di masyarakat, yang dalam pelaksanaan kegiatannya menggunakan sepuluh program PKK yang mencakup segala macam aspek kemasyarakatan.

“Peran PKK sangatlah besar bagi kaum perempuan, karena mengajarkan pola pola merawat keluarga terutama anak. Bagaimana cara mengasuh anak yang baik, serta pemberian waktu bagi para ibu rumah tangga untuk bersama sama memajukan kualitas serta harapan ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Ia menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk memberikan informasi terkait pola asuh anak dan remaja yang baik, sehingga anak dapat meraih cita-cita sebagai generasi penerus bangsa.

“Kepada para peserta agar dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan hari ini. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta bertambah pengetahuan dan dapat mengaplikasikan di masyarakat untuk mendukung pencapaian visi Kabupaten Sergai yang “Maju Terus,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan Ny Aini Zetara Adlin Tambunan melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami bagaimana cara pola asuh anak dan remaja yang baik, serta dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan satu hari dengan peserta Pokja se- Kabupaten Sergai berjumlah 50 orang,” ujarnya. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru