25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

HUT Himpaudi Sergai

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Menjadi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri mengikuti perkembangan zaman, terutama harus menguasai pola asuh (parenting style) yang tidak menimbulkan kejenuhan bagi anak saat mengikuti pendidikan di sekolah.

Demikian disampaikan Bupati Sergai H Darma Wijaya saat menghadiri HUT ke-18 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) di Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin.

“Untuk mencapai hal tersebut, harus dimulai dari suasana yang nyaman, aman, tenang dan menyenangkan bagi anak. Pola asuh anak yang seperti inilah yang sangat diharapkan setelah proses interaksi anak-anak dengan orang tua dalam mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektual, dan spiritual di rumah dilanjutkan dengan hal yang sama juga mereka rasakan dari gurunya di sekolah,” ujarnya.

Dengan menguasai pola asuh, lanjutnya, anak-anak diharapkan akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat, cerdas ceria, mandiri dan berbudi pekerti yang luhur.

Darma Wijaya menyebut, guru PAUD merupakan profesi paling mulia, karena harus mendidik anak-anak yang belum mengenal pelajaran dan dituntut untuk sabar, ramah dalam menghadapi pola anak yang berbeda-beda.

“Jangan pernah lelah berusaha menjadi guru yang lebih baik, dan melahirkan generasi emas yang mampu menjadikan Sergai yang “Maju Terus”. Semoga PAUD semakin baik, dan para guru tetap semangat serta ikhlas dalam melaksanakan tugasnya mendidik dan mencerdaskan generasi muda harapan bangsa,” katanya.

Sementara, Bunda PAUD Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengungkapkan rasa bangga memiliki guru PAUD yang memiliki dedikasi tinggi dalam mendidik anak-anak.

Anak usia dini, katanya, dalam perkembangannya sangat perlu didukung agar menjadi anak yang berkualitas di masa depan.

“Kepada guru PAUD yang menjadi orang tua kedua saat di sekolah, kami berpesan agar menjadi tauladan dan panutan untuk anak-anak yang dididik. Kemudian, guru PAUD juga harus mampu untuk mendidik anak sesuai dengan kemampuan, dan tidak memaksakan, serta harus mampu melihat potensi dan bakat anak kita. Semoga, Himpaudi semakin jaya, sukses, dan maju dalam berinovasi untuk anak PAUD di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” katanya.

Mengusung tema “Organisasi kuat, guru hebat, wujudkan generasi emas, generasi cerdas dan berkarakter” kegiatan ini turut dihadiri Asisten Ekbang Fitriadi, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan, Sekretaris DPW Himpaudi Provinsi Sumut Aswan, DPD Himpaudi Kota Tebingtinggi Beby Fadhilah Hakim, para camat, serta guru PAUD dan anak-anak PAUD se Sergai. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru