32 C
Medan
Sabtu, Juli 27, 2024

Bupati Dairi Salurkan 21 Unit Alat Bantu Disabilitas

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sidikalang (buseronline.com) – Bupati Dairi Eddy KA Berutu serahkan bantuan kepada warga penyandang disabilitas di halaman Dinas Sosial Dairi.

Bantuan diserahkan sebanyak 21 unit alat bantu yaitu 17 kursi roda untuk dewasa, satu kursi roda untuk anak, dua walker dan 1 tripod.

Eddy KA Berutu menyampaikan, konvensi kesamaan hak- hak kaum disabilitas yang juga disahkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas disebutkan bahwa pemerintah secara berjenjang mulai pusat hingga daerah ingin memastikan penyandang disabilitas mendapat hak yang sama dalam kehidupannya dalam masyarakat.

“Kita tidak ingin saudara penyandang disabilitas memiliki kualitas hidup yang buruk dari warga pada umumnya. Dimana akses akan fasilitas umum yang disediakan pemerintah sudah disetarakan,” katanya.

Wujud perhatian pemerintah, kata Eddy, Pemkab Dairi juga terus berupaya mewujudkan Kabupaten Dairi layak HAM, di mana salah satu komponennya adalah pemenuhan hak-hak warga disabilitas dalam mendapatkan akses fasilitas umum.

“Ini tantangan bagi kita, itu sebabnya kita giat jalin kerjasama dengan Kemensos agar warga disabilitas dapat terbantu,” ucapnya.

Lanjutnya, bantuan serupa akan selalu diupayakan dan anggarkan meskipun dengan dana yang terbatas. Pemerintah berharap bantuan ini akan dapat memberi semangat baru bagi warga disabilitas.

Sementara itu, Kadis Sosial Charles Bancin menjelaskan, bantuan sosial yang diserahkan merupakan hasil kerjasama dengan Kemensos melalui UPT Balai Insyaf Medan.

Katanya, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi sebanyak 1.973 orang baik disabilitas fisik maupun mental yang tersebar di 15 kecamatan.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Lery Harson Simatupang dari Kemensos UPT Balai Insyaf Medan, camat, Ketua TP PKK Romy Mariani Eddy Berutu dan lainnya. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru