25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Tingkatkan Kompetensi Pemandu Arung Jeram, Pemkab Sergai Gelar Pelatihan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pantai Cermin (buseronline.com) – Guna meningkatkan pengetahuan motivasi dan kompetensi para pemandu arung jeram agar memenuhi Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai melalui Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Sergai menggelar Pelatihan Pemandu Arung Jeram Kabupaten Sergai di Aula Hotel Themepark Pantai Cermin, Kecamatan Pantai Cermin.

Bupati Sergai melalui Kepala Dinas Poraparbud Drs Akmal AP MSi saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan arung jeram saat ini sangat diminati masyarakat yang suka berpetualangan.

Oleh karenanya, pekerjaan sebagai pemandu arung jeram ini sangat menjanjikan. Untuk itu pemandu arung jeram harus profesional dan hebat karena ujung tombak keselamatan bagi wisatawan.

Akmal menambahkan jika kita mampu dalam mengaplikasikan pelatihan ini dengan baik, maka wisata akan menjadi nyaman dan aman dan pengunjung wisatawan akan kembali untuk mengunjungi objek wisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Ia mengatakan wisata arung jeram merupakan olahraga yang menggunakan perahu karet yang penuh tantangan dan diayun oleh aliran air dengan meliuk-meliuk diantara bebatuan sehingga mengesankan dan penuh sensasi tersendiri.

Di Kabupaten Sergai, kata Akmal lagi, arung jeram di aliran sungai Bah Bolon para wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang menarik di sepanjang aliran sungai.

“Pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta tentang tehnik dasar pemanduan arung jeram serta meningkatkan kemampuan teknis keselamatan di sungai, sekaligus bisa meningkatkan kemampuan manajemen dan tata kelola arung jeram sehingga pelatihan ini menghasilkan pemandu arung jeram yang profesional. Pelatih juga harus mampu menjadi ujung tombak membawa wisata di Sergai hingga lebih maju lagi lewat promosi sports tourism yang kita miliki,” imbuhnya.

Terakhir, Akmal menjelaskan bahwa kegiatan yang bertajuk “Tata Kelola dan Promosi Potensi Wisata di Kabupaten Sergai” berlangsung selama empat hari mulai 26-29 September 2023. Selanjutnya praktek akan dilaksanakan di Sei Bah Bolon Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis diikuti 40 orang dari pemandu arung jeram.

Hadir dalam kegiatan, Pengurus FAJI Pusat Jhoni Kurniawan, Sekretaris FAJI Sumut Elwin Riza Pahlepi dan narasumber Roni Surbakti dari FAJI Sumut. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru