25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Hujan Deras, Jalan Dr Mansyur Medan Terendam Air: Kolam Retensi USU Diharap Dapat Atasi Banjir

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Hujan deras sejam saja di Kota Medan, Jumat sore (29/9/2023) membuat badan jalan-jalan banjir diantaranya Jalan Dr Mansyur USU terendam air.

Pengendara sepeda motor atau mobil jenis sedan yang rendah kuatir lintas di sana, bisa mogok. Lebih baik cari alternatif jalan lain.

Banyak yang berharap, semoga pembangunan Kolam Retensi USU yang sudah dimulai Kamis (27/7/2023) bisa mengatasi banjir.

Seperti informasi dari Humas USU Amalia Meutia, kolam retensi USU ini merupakan program kerja Pemerintahan Kota (Pemko) Medan bekerja sama dengan USU dengan harapan dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi banjir di Kota Medan.

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin belum lama ini menyampaikan, fungsi lain dari kolam retensi adalah sebagai edukasi serta wisata bagi masyarakat yang berkunjung.

”Tapi juga punya manfaat untuk edukasi serta wisata yang kemudian bisa membuat orang yang berkunjung mendapatkan semacam refreshing bagi pikiran. Jadi 2 fungsi ini yg mau kita lakukan,” kata Rektor USU.

Kolam retensi USU ini nantinya dapat menampung air sebesar 10.000 meter kubik dengan ketinggian drainase mencapai 1,3 meter. Catchment area dari kolam retensi USU mulai dari seputaran Jalan Dr Mansyur, Jamin Ginting hingga Pajak Sore.

Sedangkan service area sekitar 170 hektar dari pada kolam retensi ini. Dengan begitu, sebanyak 400 KK dapat terselamatkan dari banjir apabila proyek ini telah selesai.

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat dimulainya pembangunan retensi kolam ini menyampaikan pada tahun ini Pemko Medan membangun sebanyak 3 titik kolam retensi di wilayah Medan.

Pemerintah Kota Medan mencoba membangun beberapa titik kolam retensi yang ada di wilayah Kota medan, tahun ini ada 3 kolam retensi, dua ini berdekatan tempatnya,” katanya.

Dijelaskan, mekanisme kerja dari kolam retensi USU. Itu nanti dia akan masuk ke dalam kolam ketika nanti drainase kolekter sudah mencapai ketinggian 1,3 meter, kemudian dia masuk ke dalam kolam. Kita tampung yang 10.000 meter kubik tadi, supaya tidak membebani area yang sedang dalam keadaan hujan, jadi dia mengurangi beban. Proyek ini ditargetkan selesai pada Desember 2023 mendatang. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru