27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Pemkab Dairi Gelar Pembinaan Pokjanal Peningkatan Integrasi Layanan Primer

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sidikalang (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi gelar pembinaan kelompok kerja operasional (Pokjanal) Posyandu dalam rangka integrasi layanan primer tingkat kabupaten, di Aula Hotel Berristera Dairi.

Pj Sekda Dairi, Surung Charles Lamhot Banchin menyampaikan, Pokjanal memiliki fungsi sebagai pembina Posyandu yang bertugas dalam memberikan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan, dan evaluasi. Untuk pengelolaan kegiatan posyandu secara rutin dan terjadwal yang akan memberikan pengaruh pada keaktifan Posyandu.

“Keberadaan Pokjanal Posyandu sangat strategis dalam penerapan transformasi layanan primer sehingga dibutuhkan dukungan dari lintas sektoral terkait kelembagaan dan dukungan sistem yang telah ada,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut diwakili dr Soekmawati Hia menyampaikan pembinaan Pokjanal bertujuan mengintegrasikan layanan primer sehingga semua Posyandu dapat memberikan layanan siklus hidup.

Misalnya, di suatu desa terdapat tiga Posyandu, maka ketiganya dapat digabung untuk memberikan layanan siklus hidup sehingga tidak terpisah-pisah.

Oleh karena itu, diharapkan setiap kader memiliki 25 kompetensi yang mendukung kesuksesan program.

Direncanakan masing-masing Kabupaten/kota akan mengirimkan satu perwakilan kader, untuk mengikuti Hari Kesehatan Nasional bertempat di Istana Merdeka.

Kegiatan diikuti 64 orang yang terdiri dari Pokjanal Posyandu, camat dan kepala puskesmas se Kabupaten Dairi. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru