25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Cegah Penularan Rabies, Distan Bekasi Vaksinasi 1.000 Hewan Peliharaan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bekasi (buseronline.com) – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bekasi melakukan langkah antisipasi pencegahan virus rabies dari hewan peliharaan yang bisa tertular ke manusia.

Virus ini diketahui sangat berbahaya apabila hewan yang terkena virus tersebut menggigit manusia, dapat membahayakan nyawa.

Oleh karena itu, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi telah melakukan vaksinasi rabies kepada sekitar 1.000 lebih hewan peliharaan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh Dwian Wahyudiharto, di Kompleks Pemkab Cikarang Pusat, Senin (9/10/2023).

“Kita lakukan di 13 lokasi, targetnya 1100 hewan peliharaan dengan status hewan penular rabies (HPR) secara gratis. Ini juga kita lakukan sudah beberapa kali, terakhir Sabtu, 9 Oktober 2023. Sekaligus memperingatkan Hari Rabies Sedunia 2023,” ungkapnya.

Kendati di wilayah Kabupaten Bekasi belum ditemukan penularan virus, Pemkab Bekasi secara intensif melakukan langkah antisipasi ini di beberapa lokasi Pusat Kesehatan Hewan, seperti di Setu, Kedungwaringin, dan klinik mandiri lainnya.

“Selain vaksinasi kita buka juga layanan konsultasi dan pengobatan hewan secara gratis,” tuturnya.

Dwian mengingatkan kepada masyarakat agar peduli terhadap kesehatan hewan peliharaan yang dimiliki. Salah satunya dengan melakukan cek vaksinasi yang digelar Pemkab Bekasi.

“Ini menjadi pengingat bagi masyarakat, berkaitan dengan mencegah penularan penyakit hewan ini, karena bisa berbahaya bagi kita,” ujarnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru