25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Dinkes Sumut Gelar Operasi Katarak di Kepulauan Nias

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Guna memperingati Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day), Pemprov Sumut melalui Dinas Kesehatan Sumut melaksanakan rangkaian kegiatan. Salah satunya adalah bakti sosial operasi katarak yang ditujukan untuk masyarakat kepulauan Nias.

Kegiatan bakti sosial ini dimulai dengan penjaringan yang dilaksanakan di 12 titik selama 12 hari, termasuk 2 titik di Nias, 2 titik di Nias Utara, 2 titik di Nias Barat, dan 4 titik di Nias Selatan. Jumlah masyarakat yang diperiksa selama penjaringan mencapai 947 orang.

Hasilnya, 489 orang dinyatakan menderita katarak dengan total 651 mata yang memerlukan perawatan (sekitar 170 pasien memiliki masalah di kedua mata). Pelaksanaan operasi katarak akan berlangsung selama 2 hari, dari 12 Oktober hingga 13 Oktober, dan akan diikuti dengan tahap kontrol.

Operasi katarak tersebut dilakukan di RSUD Thomsen, Kabupaten Nias, dan didukung oleh tim kesehatan dari UPTD RS Khusus Mata Pemprov Sumut.

Tim tersebut dipimpin langsung Kepala UPTD RSK Mata, dr Dewi Chailati MKes, dengan dukungan tiga orang spesialis mata, yaitu dr Pinto Pulungan SpM, dr Jusni Saragih SpM, dan dr Nelly SpM, serta tim pendukung.

Pada pembukaan bakti sosial ini, Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes menyampaikan kegiatan ini telah memenuhi standar pelaksanaan yang seharusnya.

“Ini adalah tahun ke-18 pelaksanaan bakti sosial untuk kepulauan Nias, yang sebelumnya berjalan dengan baik tanpa masalah yang signifikan,” katanya, sembari berharap agar kegiatan tahun ini juga berjalan dengan lancar dan berkesinambungan minimal hingga lima tahun mendatang.

Selain itu, Alwi juga mengucapkan terima kasih kepada Body & Soul Charity, yang diwakili oleh Marganda Marbun, atas dukungan dan dedikasinya terhadap Sumut, khususnya masyarakat Kepulauan Nias. Dia juga menyampaikan salam dari Pj Gubernur Sumut dalam kesempatan tersebut.

Selain pemeriksaan mata, kegiatan selanjutnya akan dilakukan pemberian kacamata yang akan dilakukan di RSK Mata pada 15 Oktober 2023, kunjungan dari pendonor asal Amerika Serikat (USA) yang dijadwalkan pada 25 Oktober mendatang. Kunjungan ini akan membahas kelanjutan program Bakti Sosial Operasi Katarak dan kegiatan lainnya untuk masyarakat Sumut.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Nias beserta jajaran serta Direktur RSUD Thomsen. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Alwi untuk berkoordinasi mengenai beberapa kegiatan dan pengembangan pelayanan kesehatan baik untuk RSUD Thomsen maupun Dinkes Kabupaten Nias. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru