25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Bupati Simalungun Jadi Narasumber Seminar Nasional Ketahanan Pangan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menjadi narasumber pada seminar nasional ketahanan pangan di Ball Room Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan.

Seminar tersebut sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) ke-60.

Dalam kesempatan itu, Radiapoh mengangkat tema “Program pemerintah daerah dalam mendukung ketahanan pangan di daerah”.

Dijelaskannya, Kabupaten Simalungun merupakan salah satu daerah terluas di Sumut dengan jumlah penduduk satu juta jiwa lebih. Sebanyak 70 persen di antaranya petani.

“Ketahanan pangan di Simalungun saat ini sudah terpenuhi. Kami juga memprogramkan dana desa sekitar 35 persen untuk mendukung ketahanan pangan dengan jumlah desa 386,” urainya.

Pemkab Simalungun juga terus berupaya melakukan kajian agar proses hilirisasi produk pertanian semakin baik. Kabupaten Simalungun pernah menjadi lumbung padi di Sumut.

“Faktor yang menjadi penurunan (lumbung padi) adalah masalah jaringan irigasi yang banyak rusak dan sudah lama tidak dibenahi,” ungkapnya.

Seminar tersebut dibuka Pj Gubernur Sumut Dr Hassanudin. Hadir di antaranya, Ketua Umum PIKI Badikenita Putri Sitepu, Ketua PIKI Sumut Naslindo Sirait, Direktur Utama PT Bank Sumut Babay Parid Wazdi dan lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru