25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Kapolres Pematangsiantar Teken Deklarasi Pemilu Damai

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno memimpin pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Toba 2023-2024 dan penandatanganan deklarasi pemilu damai dalam rangka pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota Pematang Siantar bertempat di Aula Mako Polres Pematangsiantar.

Hadir dalam kegiatan itu Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Kajari Pematangsiantar Jurist Precisely Sitepu, Wakil Ketua PN Pematangsiantar Leoni Manullang, Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Sibarani dan Ketua Bawaslu Pematangsiantar Nanang Wahyudi.

Wadanden Pom Mayor CPM Antonius S, PJU Polres Pematangsiantar, Danki Brimob 2 Yon B Iptu Ronny Sarko, Danramil 03 (mewakili Dandim 0207/Sml) Kapten Teguh Sugiono serta perwakilan Partai Perindo, Partai Garuda, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai PSI, Partai Hanura dan Partai PAN.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno menyampaikan kegiatan rakor lintas sektoral dan sekaligus deklarasi pemilu damai dalam rangka persiapan pengamanan kegiatan Operasi Mantab Brata Toba 2023-2024 menuju Pemilu damai di Kota Pematangsiantar.

Ia mengatakan kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral Ops Mantab Brata Toba 2023-2024 ini bertujuan untuk semua bersama-sama menyatukan visi dan misi dan persepsi bersama dalam rangka mempersiapkan kesiapan kita masing-masing menghadapi pemilu legislatif dan presiden di tahun depan.

“Kita ingin menyamakan persepsi visi dan misi baik dari kepolisian, kejaksaan, KPUD, Bawaslu dan pemerintah kota dengan menyatukan persepsi sehingga pelaksanaan tugas kedepannya kita selaraskan, sehingga kegiatan pengamanan atau Ops Mantab Brata Toba berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menjelaskan dalam persiapan Ops Mantab Brata Toba ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan Polres jajaran, diantaranya kegiatan Lat Pra Ops dan simulasi Sispam kota sudah kita laksanakan. Saat ini kegiatan Rakor Lintas Sektoral dan deklarasi pemilu damai telah terlaksana.

Rencananya besok secara serentak seluruh Indonesia akan melaksanakan apel gelar pasukan dan khususnya di Kota Pematangsiantar akan dilaksanakan di Lapangan Brimob.

Yogen mengatakan kegiatan ini sangat penting bahwa keamanan Kota Pematangsiantar selama Pemilu tidak hanya tanggungjawab kepolisian saja, namun juga stakeholder yang terkait seperti TNI, Pemerintah Kota dan yang lainnya.

“Ini bisa selaras dan kita bersama-sama mengamankan kegiatan pemilu, apabila kegiatan pemilu dimulai dari tahapan penentuan calon, kampanye, pencoblosan dan sebagainya dapat dilaksanakan dengan baik dan tertib tanpa ada masalah di Kota Pematangsiantar,” sebutnya.

Ia menerangkan, untuk itulah dalam kegiatan ini kita semua sepakat untuk menandatangani apa yang dinamakan deklarasi pemilu damai, sehingga kita memiliki tanggungjawab yang sama dalam menciptakan kedamaian di Kota Pematangsiantar selama pelaksanaan Pemilu 2023-2024.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran undangan maupun personel pada dan selanjutnya kita dapat memahami bersama sehingga apa yang diharapkan dan tujuan dari kegiatan ini sama-sama kita punya gambaran, sehingga masing-masing kita bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya ke depan,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru