27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Anies-Cak Imin Daftar Capres-Cawapres Pilpres 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Gus Imin (AMIN) resmi mendaftar sebagai pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (19/10/2023).

Pendaftaran keduanya nampak dikawal simpatisan dan juga pimpinan partai pendukung yang tergabung dalam Koalisi Perubahan diantaranya PKS, NasDem dan PKB.

Pendaftaran keduanya sempat molor. Sebab, dijadwalkan mereka mendaftar pada pukul 08.00 WIB. Namun baru masuk ke kantor KPU RI untuk mendaftar pada pukul 09.57 WIB.

Mereka sempat tertahan di depan KPU lantaran ramainya pendukung. Namun demikian, mereka akhirnya bisa masuk.

Pantauan wartawan di lokasi, kedua Paslon tersebut menyerah langsung berkas admistrasi pencalonan kepada ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

“Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah menerima kami untuk mendaftar di hari pertama ini. Kami inginnya datang jam 8 tapi karena lintas macet. Jadi kami mohon maaf datang terlambat. Kami datang dengan bawa dokumen lengkap. Kami bawa misi besar, semoga kami bisa mengemban amanat ini,” ujar Anies.

Diketahui, Partai NasDem, PKB dan PKS secara total mempunyai 29,05 persen jumlah kursi di DPR pada Pemilu 2019 silam. Dengan demikian ketiganya bisa mencalonkan pasangan presiden dan wakilnya karena telah melewati ambang batas yang berjumlah 20 persen kursi DPR.

Selain pasangan AMIN, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga dijadwalkan akan mendaftar pada hari ini. Ganjar dan Mahfud terjadwal mendaftarkan diri sebagai pasangan presiden dan wakil presiden pada pukul 11.00 WIB. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru