26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Lapas Pematangsiantar Razia Kamar Hunian, Barang Bukti Dimusnahkan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Situasi keadaan yang aman kondusif di Lapas merupakan salah satu kunci utama terwujudnya program pembinaan bagi WBP di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Kanwil Kemenkumham Sumut.

Salah satunya upaya menciptakan rasa aman tersebut, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar menggiatkan razia rutin di kamar hunian WBP Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Minggu, 22 Oktober 2023, sekira pukul 22.00 WIB.

Razia yang dilaksanakan itu di kamar hunian atau blok 3 kamar blok beringin termasuk dua kamar di blok enggang. Hasil yang didapat dalam razia yaitu tiga buah sendok yang diasah menjadi tajam, satu buah gunting, satu buah pinset, dua buah mancis dan seutas kabel. Kemudian barang bukti didata dan dimusnahkan dengan cara dibakar.

Hal tersebut disampaikan Kalapas Pematangsiantar M Pithra Jaya Saragih melalui Kepala KPLP E Siregar melalui via whatsApp.

Ia mengatakan selain pelaksanaan razia, dalam program pembinaan, Lapas Pematangsiantar juga memberikan pembinaan kepada WBP dalam bentuk pembinaan kemandirian maupun kerohanian.

Dimana pada pembinaan kemandirian yang dilakukan bagi WBP seperti budidaya ikan, perkebunan hidroponik, bata press, bakery, kerajinan mebel dan miniatur serta tenun ulos manual dan masih banyak lainnya.

“Pembinaan yang kita lakukan selama di dalam Lapas dalam bentuk pembekalan kepada WBP, agar ketika bebas dapat menciptakan peluang untuk mencari nafkah atau membuka lapangan pekerjaan di tengah masyarakat,” ujarnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru