25 C
Medan
Jumat, Juli 5, 2024

Pemuda Berprestasi Terima Piagam Penghargaan dari Pemko Pematangsiantar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Momen peringatan hari sumpah pemuda (HSP) di Kota Pematangsiantar, 12 pemuda/i berprestasi menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Kota Pematangsiantar.

Piagam penghargaan itu langsung diserahkan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, usai memimpin upacara peringatan HSP ke-95 tahun 2023, di halaman Kantor Balai Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Susanti Dewayani, menyampaikan bahwa momentum Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.

Pemuda saat itu juga sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Dalam peringatan HSP ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” bermakna membentuk barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

“Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia ke depannya,” ujarnya.

Ia menerangkan kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri ke depan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, selain pemberian penghargaan dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 itu, Mars/Hymne Pematangsiantar yang pertama kali dikumandangkan oleh paduan suara siswa/i perguruan Sultan Agung Pematangsiantar ciptaan Joni Henrudin Sinaga Saragih.

Dimana Mars/Hymne Pematangsiantar yang dikumandangkan tersebut adalah pemenang dari kegiatan Event Simalungun Art dan Festival sekaligus Sayembara Mars/Hymne Pematangsiantar yang disayembarakan oleh Korps Senior Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI). (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru