28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Hadiri Penyerahan SK PIP, Darma Wijaya Sebut Pendidikan Kunci Meraih Impian

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya menghadiri penyerahan surat keputusan (SK) Program Indonesia Pintar (PIP) se Kecamatan Dolok Masihul dan Bintang Bayu yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Perkebunan Havea, Kecamatan Dolok Masihul, Senin.

Ia mengatakan PIP tidak hanya mencerminkan sebuah visi, tetapi juga kepedulian yang mendalam terhadap masa depan anak-anak bangsa.

Darma mengatakan, Sergai dengan luas wilayah yang begitu besar dan jumlah penduduk yang menempati peringkat keenam di Sumut, turut menghadapi tantangan besar dalam bidang pendidikan.

Dari data yang ia peroleh, hanya 10% dari penduduk Sergai yang berhasil meraih gelar sarjana. Angka ini tergolong minim dan menjadi sinyal untuk melakukan pembenahan.

“Dalam pertemuan saya dengan pak Sofyan Tan, kami berdua mendiskusikan bagaimana meningkatkan sektor pendidikan di Sergai. Inisiatif luar biasa bapak Sofyan Tan untuk memberikan beasiswa kepada 200 anak di Sergai untuk menempuh pendidikan tinggi selama 4 tahun sungguh luar biasa. Hal ini menjadi tonggak bagi peningkatan pendidikan di daerah kita. Inilah alasan mengapa kami menganggap bapak Sofyan Tan sebagai Bapak Pendidikan di Sergai,” ujarnya.

Tahun ini, lanjutnya, bantuan pendidikan dari pusat yang diberikan telah mencapai 14.000, dan di tahun mendatang jumlahnya diproyeksikan meningkat menjadi 30.000 untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Menurutnya, ini adalah langkah konkret untuk memajukan pendidikan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pendidikan adalah pondasi yang sangat penting dalam mengangkat martabat dan harkat hidup keluarga kita. Perubahan yang kita dambakan berakar dari pendidikan. Oleh karena itu, kami telah mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk membangun perpustakaan di Sergai. Harapan kami, agar minat membaca semakin meningkat,” tambahnya.

Darma Wijaya meyakini, pendidikan adalah kunci untuk meraih impian. Ia berharap, anak-anak di Sergai akan diberi semangat untuk meraih kesuksesan, terlebih lagi ketika pendidikan telah mendapat dukungan yang lebih besar.

“Dalam kesempatan ini, marilah kita bersama-sama menjunjung tinggi semangat untuk pendidikan yang lebih baik. Terima kasih kepada Bapak Sofyan Tan atas dedikasi dan bantuannya dalam menjadikan pendidikan di Sergai menjadi lebih baik. Mari kita bekerja bersama demi masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Sofyan Tan mengatakan dirinya punya perhatian dan harapan yang tinggi terhadap sektor pendidikan di Kabupaten Sergai.

“Saya berharap lewat program-program pendidikan yang telah berjalan di sini, beberapa tahun ke depan Sergai punya 2.000 sarjana baru,” ucapnya. (*)

Berita Lainnya

Berita Terbaru