27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Bupati Sergai Apresiasi Masyarakat Lestarikan Nilai Budaya

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Pekan kebudayaan daerah digelar di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat malam.

Tampak hadir, Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto, Kajari Sergai diwakili Kasi Intelijen Romel Tarigan.

Sekda Sergai HM Faisal Hasrimy beserta para Kepala OPD dan camat se Sergai, para tokoh budaya, serta tokoh masyarakat adat.

Darma Wijaya mengatakan bangga dan bahagia bisa berkumpul bersama para budayawan, sejarawan, dan seniman, karena bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Ia menyebut, pekan kebudayaan daerah ini pada hakikatnya merupakan upaya pemerintah dan masyarakat dalam membangun wadah kerjasama untuk melahirkan ruang-ruang keragaman berekspresi, dialog antara budaya, serta inisiatif dan partisipasi inovatif yang dikelola secara berjenjang sejak dari desa hingga ke kota

“Pelestarian budaya menjadi suatu hal yang sangat penting, karena perkembangan modernisasi saat ini lebih cepat dari pada adaptasi kebudayaan masyarakat,” sebutnya.

Hal tersebut, juga dampak pembangunan yang pada akhirnya menimbulkan banyak persoalan, karena paradigma yang tidak kontekstual dengan perkembangan budaya di masyarakat

Untuk itu, pemerintah harus memastikan terjadi ahli pengetahuan dan generasi melalui perlindungan dan perkembangan karya kreatif untuk menyejahterakan pelaku budaya

“Pada kesempatan yang baik ini, saya apresiasi penghargaan yang tinggi pada masyarakat Sergai yang melestarikan nilai-nilai budaya di sepuluh objek pemajuan kebudayaan. Semoga, daya upaya yang dilakukan oleh para budayawan, sejarawan, dan seniman dalam melindungi, mengembangkan, membina, dan memanfaatkan kebudayaan tetap dapat terjaga, khususnya di Kabupaten Sergai,” tuturnya.

Mengusung tema “Kemilau, Dulu, Kini, dan Nanti”, pekan Kebudayaan daerah diisi serangkaian acara, mulai tari multi etnis, talk show kemilau budaya, penampilan seni budaya, senandung Melayu, tortor sigale-gale, tari gobuk, serta pagelaran kesenian tradisional. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru