27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Pembukaan Grand Final APRC Danau Toba 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Ajibata (buseronline.com) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) secara resmi membuka seremonial start grand final Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023, di lapangan Toba Caldera Resort (TCR) Nomadic Escape Sibisa, Kecamatan Sjibata Kabupaten Toba, Jumat (24/11/2023) sore.

Grand Final APRC Danau Toba 2023 yang digelar selama 3 hari itu (24-26 November 2023) menjadi penentu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2023.

Usai acara pembukaan Rally tersebut dilanjutkan dengan Leg 1 dengan Super Special Stage (SS) sepanjang 3.1 kilometer ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Bambang Soesatyo dan semua tamu undangan di atas podium.

Bambang Soesatyo yang sering disapa Bamsoet itu mengaku senang bisa hadir pada pembukaan event bergengsi Indonesia di Danau Toba.

Ia berharap APRC Danau Toba 2023 kali ini akan berjalan lancar dan berkesempatan membuka peluang menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) pada 2025 mendatang.

“Mudah-mudahan dari kesuksesan APRC Danau Toba ini, dan dengan pergantian pemimpin maka, Indonesia bisa menjadi tuan rumah WRC 2025 dan digelar di Danau Toba ini,” ujarnya.

Sebanyak 67 pembalap yang bersaing menjadi juara nasional APRC 2023 berlomba menunjukkan kebolehannya fan berhasil menaklukan seluruh SS dengan sempurna.

Selain tuan rumah Indonesia, Pembalap asing juga turut ambil bagian dalam ajang APRC kali ini, diantaranya pembalap dari Thailand, Selandia Baru, India, Portugal, Brazil, Australia.

Jalur yang ditempuh pembalap Danau Toba APRC Grand Final 2023 sebanyak 12 SS sepanjang 150.35 km, yang diawali dengan 1 Super SS Kaldera Toba Resort (2.07 KM) saat pembukaan.

Acara pembukaan Rally Danau Toba 2023 itu dihadiri Pj Gubernur Sumut Dr Hassanudin, Chief Stewart FIA Mr Wayne Scoot, APRC President Mr Vicky Chandok, Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi dan tuan rumah Direktur Utama BPODT Jimmy B Panjaitan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru