25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

RS Adam Malik Berhasil Operasi Transplantasi Ginjal Kelima Kalinya

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik berhasil melakukan operasi transplantasi ginjal untuk yang kelima kalinya, Senin (4/12/2023). Operasi transplantasi ginjal kali ini dilakukan sejak pukul 08.22 WIB hingga siang hari.

Ketua Tim Transplantasi Ginjal di RSUP H Adam Malik dr Alwi Thamrin Nasution SpPD-KGH mengucapkan syukur telah berhasil melakukan operasi tersebut, dimana semua tim kompak dan operasi berjalan lancar.

“Alhamdulillah operasi berjalan lancar. Mulai dari persiapan sampai proses transplantasi semua berjalan lancar. Dalam operasi pencangkokan ini dikatakan berhasil bila melihat volume urine. Tadi dalam waktu berkisar 5 menit ginjal dicangkokkan urine keluar. Artinya ini berhasil,” katanya.

Saat ini kondisi pasien sehat, baik itu pendonor maupun resipien (penerima organ tubuh pendonor). Keduanya dirawat di ruangan ICU untuk monitoring lebih lengkap.

“Perlu saya sampaikan lagi saat ini sudah ada calon transplantasi ginjal yang sudah kita skrining sebanyak empat orang. Maka rencananya ke depan ada empat orang lagi yang akan kita lakukan operasi transplantasi ini, dan semoga berjalan lancar,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu tim dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yakni Prof DR dr Nur Rasyid SpU (K) juga mengucapkan syukur operasi yang dilakukan berhasil. Ke depan, diharapkan RS Adam Malik bisa melakukan operasi transplantasi ginjal secara mandiri.

“Sebenarnya setelah melakukan operasi transplantasi 5 sampai 6 kali, rumah sakit bisa mandiri. Namun terkendala pandemi Covid-19. Di RS Adam Malik ini sudah cukup lengkap, sehingga 2-3 kali lagi kami tidak perlu datang. Memang tranplantasi ini bukan pekerjaan yang sederhana. Namun, dengan SDM dan obat-obatan yang lengkap, saya rasa bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara, Dr dr Maruhum Bonar Hasiolan Marbun SpPD-KGH menambahkan, dalam mencapai keberhasilan transplantasi ginjal ini dibutuhkan banyak orang yaitu baik dari segi SDM dan perlengkapan lainnya.

Sedangkan, Dewi Sidabutar, keluarga pasien yang ikut serta dalam temu pers tersebut mengucapkan terima kasih dengan tim dokter yang terlibat dan pihak RS Adam Malik, meski pendonor juga berasal dari keluarga sendiri.

“Kami sudah mempertimbangkan semuanya. Akhirnya memutuskan keluarga sendiri yang menjadi pendonor. Dan kami menggunakan BPJS Kesehatan,” ujar kakak dari pasien transplantasi ginjal ini.

Seperti diketahui, RS Adam Malik melakukan operasi pertama transplantasi ginjal dilakukan pada 2017 hingga 2019, dan tercatat ada empat pasien yang berhasil menjalani operasi tersebut. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru