24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Musim Hujan Waspadai DBD dan Diare, Konsumsi Buah Hingga Lakukan Olahraga Ringan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufik Ririansyah MKM mengatakan musim hujan yang saat ini berlangsung di Kota Medan tentunya banyak genangan air atau banyak benda-benda yang menampung air. Maka harus mewaspadai penyakit menular seperti DBD.

“Kita akan meminta agar tolong diaktifkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di setiap rumah. Ada 3 yang perlu dilakukan menutup, menguras air yang tergenang dan mendaur ulang barang-barang yang menyebabkan ternak jentik nyamuk,” kata Taufik kepada wartawan.

Selain mewaspadai DBD, pada musim penghujan ini sebut Taufik biasanya ada terjadi gangguan saluran cerna pada manusia seperti terkena diare akibat kurang kebersihan.

“Maka kita minta pada masyarakat untuk menjaga kebersihan sekitar lingkungan kita. Karena saat hujan air tergenang yang membuat parit sumbat sehingga menjadi tempat bakteri berkumpul karena situasi lembab,” bebernya.

Maka dari itu, mencegah penyakit menular lainnya seperti batuk, flu dan ISPA diminta pada masyarakat seringlah konsumsi buah, makanan bergizi, juga vitamin dan bisa juga melakukan olahraga ringan.

“Karena saat ini pun cuaca juga bisa dibilang tidak stabil. Beberapa hari ini hujan lalu tiba-tiba nanti cerah,” terangnya.

Saat ditanyakan terkait nyamuk wolbachia pihaknya masih belum bisa mengomentari hal ini lantaran belum ada surat edaran dari Kementerian Kesehatan yang diterima pihaknya.

“Sampai saat ini belum ada surat resmi terkait itu (nyamuk wolbachia). Masih dari pernyataan dari pihak Menkes saja saat ini kan di kita belum ada saat ini. Kita juga masih dengar dari media youtube juga mengenai isu itu. Hasilnya bagaimana secara resmi belum ada kita lihat. Jadi belum bisa kita komentari,” pungkasnya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru