24 C
Medan
Selasa, Februari 27, 2024

Pemko Tebingtinggi Bersama Warga Gelar Gotong Royong

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tebingtinggi (buseronline.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali menggelar kegiatan gotong royong bersama, untuk yang kedua kalinya melibatkan lima kecamatan, 35 kelurahan dan seluruh stakeholder, dipusatkan di Jalan Pulau Belitung, Lingkungan 5, Kelurahan Persiakan, Kecamatan Padang Hulu.

Pj Wali Kota Tebingtinggi Syarmadani bersama Pj Sekda Tebingtinggi H Kamlan Mursyid, Kabag Ops Kompol Yengki Deswandi dan Danramil 13/ TT Kapten InfbYudi Chandra, turut mengikuti kegiatan gotong royong bersama ini.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan gotong royong kemasyarakatan guna meningkatkan kebersamaan dan soliditas antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kita bersama. Pada prinsipnya yang kita lakukan hari ini bukan sekedar membersihkan sampah. Lebih dari itu bahwa kita semakin meningkatkan kebersamaan kegotongroyongan, soliditas kita. Bahwa lingkungan kita, kalau kita hadapi sendiri-sendiri akan kesulitan atau bahkan tidak mampu,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dilakukan guna menyikapi musim penghujan dan menghindari bibit penyakit yang timbul akibat tumpukan sampah.

“Untuk saat ini telah terisi 4 hektare dari luas keseluruhan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), 7 hektare. Tentu kita tidak harapkan tambahan sampah di TPA. Luas hanya 7 hektar, 4 hektare sudah terpakai, mungkin dalam waktu singkat kita sudah tidak punya lagi tempat sampah. Dan dari kegiatan itu, sampah yang kita olah, bisa mendukung kita untuk sumbang sampah cegah stunting, dari yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat,” urainya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap, dapat meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan juga meningkatkan rasa sosial diantara sesama.

“Marilah kita buka acara ini dengan bersama membaca basmalah. Mari semangat, mari kita tingkatkan kualitas lingkungan, kita tingkatkan lingkungan kemasyarakatan kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala DLH Tebingtinggi Muhammad Hasbie Ashhiddiqi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan pasca kegiatan yang telah dilakukan pada 14 Oktober 2023 yang lalu.

Ia menjelaskan adapun rangkaian kegiatan hari ini, di Lingkungan 5, Kelurahan Persiakan, adalah mengecek persiapan dari masing-masing kelurahan dan kecamatan dan memantau kegiatan melalui Zoom meeting ini.

Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon, mengecat jembatan dan juga tembok penahan sungai, melakukan gotong royong bersama masyarakat dan memilah sampah.

“10 ribu bibit pohon yang akan ditanam ini, merupakan tahap pertama yang diberikan oleh Balai Pengelolaan Das Wampu Sei Ular KLHK. Dan kegiatan penanaman secara serentak ini sebagai aksi nyata kita dalam kesiapan penanganan perubahan iklim. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor: 24 tahun 2008, selama bulan Desember ditetapkan sebagai bulan menanam pohon nasional,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, ia mengatakan Presiden Joko Widodo juga mengajak kita untuk menanam pohon sebagaimana yang diberitakan di media elektronik dan juga sosial media.

“Harapan kita bersama, kegiatan ini menjadi kegiatan rutinitas dan memberikan kesadaran dan dampak positif perubahan pada masyarakat tentang pentingnya bagaimana melakukan pengelolaan sampah,” tuturnya.

Seusai pelaksanaan kegiatan di Kelurahan Persiakan, Pj Wali Kota dan rombongan melakukan peninjauan ke beberapa titik lokasi gotong royong dan penanaman pohon, mulai dari Kelurahan Damar Sari (Kecamatan Padang Hilir), lanjut ke Jalan Anturmangan Kelurahan Sri Padang (Kecamatan Rambutan) dan berakhir di Jalan Kutilang (Kecamatan Bajenis).

Berita Lainnya

Berita Terbaru