30.7 C
Medan
Minggu, Mei 19, 2024

Presiden Jokowi Resmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong untuk Reduksi Banjir di Jakarta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Jakarta Utara.

Presiden Jokowi meyebut stasiun pompa air tersebut merupakan langkah lebih lanjut dalam upaya pemerintah untuk mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta.

“Ini kita harapkan banjir di Jakarta bisa berkurang kurang lebih 62 persen,” ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian.

Presiden Jokowi memaparkan, di hulu sudah dirampungkan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi yang telah terbukti berhasil mengurangi banjir di Jakarta.

Selanjutnya, juga telah dirampungkan Sodetan Ciliwung. Proyek-proyek itu membantu mengalirkan air dari Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT).

Selain itu, pemerintah Indonesia juga tinggal menyelesaikan normalisasi Sungai Ciliwung yang kurang lebih sekitar 17 km lagi.

“Kita harapkan dengan selesainya tadi di hulu, di tengah, di hilir, di Sentiong ini kita harapkan banjir di Jakarta bisa berkurang, kurang lebih 62%,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga menambahkan, proyek Stasiun Pompa Ancol Sentiong merupakan stasiun pompa terbesar di Indonesia sehingga menelan biaya yang juga tidaklah sedikit.

Nantinya, proyek ini bisa membantu mengurangi banjir di 7 kecamatan di DKI Jakarta.

“Ini adalah stasiun pompa terbesar di Indonesia, paling besar. Dan ya, menghabiskan anggaran juga sangat besar, Rp481 miliar. Kita harapkan ini akan stasiun pompa ini akan mengurangi banjir yang ada di 7 kecamatan DKI Jakarta,” ungkapnya. (R3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru