24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Kepala Sekolah Harus Mampu Merangkul Semua Elemen

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 10 kepala sekolah di Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Sergai HM Faisal Hasrimy menyampaikan bahwa kepala sekolah merupakan salah satu indikator kemajuan sekolah.

Manajemen yang baik itu, katanya, bila pekerjaan dilaksanakan bersama-sama antara guru dan kepala sekolah.

“Seorang kepala sekolah harus mampu merangkul semua komponen, termasuk memfungsikan semua guru dengan baik. Jangan malu bertanya kepada guru yang lebih mengerti dan lebih senior. Bila ini saudara lakukan, saudara akan berhasil jadi pemimpin,” ujarnya.

Darma Wijaya berharap, kepala sekolah sebagai pemimpin di bidang pembelajaran, pengembangan kurikulum, administrasi staf, dan kesiswaan, hubungan masyarakat, serta yang paling mendasar adalah menjadi teladan dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah masing-masing.

Lebih dari itu, kepala sekolah juga dituntut untuk memastikan agar anak usia sekolah di lingkungannya dapat terfasilitasi pendidikannya untuk meningkatkan angka harapan sekolah.

Seorang kepala sekolah, tambahnya, adalah guru yang diberikan tugas tambahan, dan sewaktu-waktu dapat dijadikan guru biasa kembali. Hal itu lumrah dan tidak ada yang luar biasa. Jangan lupakan itu, dan kewajiban utama saudara adalah mengajar sebagaimana guru lainnya.

Ia berpesan kepada kepala sekolah yang telah melaksanakan masa tugasnya dan kembali menjadi guru, terus melanjutkan pengabdian sebagai pendidik untuk membangun mutu pendidikan dan karakter siswa. Karena dimanapun bekerja, harus memberikan manfaat bagi organisasi.

“Profesi guru adalah profesi yang sangat mulia karena menyampaikan ilmu kepada siswa. Ilmu yang bermanfaat adalah amal yang tak pernah putus oleh kematian.Terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita dalam kesehatan, keselamatan, dan kebahagiaan untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Sergai yang sama sama kita cintai,” ungkapnya.

Adapun PNS yang dilantik pada jabatan kepala sekolah yakni, Esterlina Armiwati Saragih sebagai Kepala SD Negeri No 106457 Sei Kering, Kecamatan Bandarkhalipah, Syahrul sebagai Kepala SD Negeri No 102063 Bangun Bandar, Kecamatan Dolokmasihul, Sari Yekti sebagai Kepala SD Negeri No 104310 Tegal Sari, Kecamatan Dolokmasihul, Salmah Br Saragih sebagai Kepala SD Negeri No 101982 Kotarih, Kecamatan Kotarih, Andi Darmawan sebagai Kepala SD Negeri Nomor 108028 Pergajahan, Kecamatan Bintangbayu.

Kemudian, Maya Sriyanti Harahap sebagai Kepala SD Negeri Nomor 102092 Paya Pinang, Kecamatan Tebingsyahbandar, Rustam Lubis sebagai Kepala SD Negeri Nomor: 105418 Sinah Kasih, Kecamatan Sei Rampah, Dewi Puspita Sari sebagai Kepala SD Negeri Nomor 102013 Sialang Buah, Kecamatan Telukmengkudu, Anggraini Permata Sari sebagai Kepala SD Negeri Nomor: 102011 Seibuluh Kecamatan Telukmengkudu, dan Muhammad Hanafi sebagai Kepala SD Negeri Nomor 104271 Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan.

Turut hadir, Asisten Administrasi Umum Kaharuddin, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM M Kahar Effendi, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Rohaniawan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru