24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Piala Asia 2023: Jepang Dipaksa Tunduk Irak

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Al Rayyan (buseronline.com) – Timnas Irak berhasil menjungkalkan Timnas Jepang di match day 2 Grup D Piala Asia 2023 di Education City Stadium, Jumat malam WIB.

Jepang mendominasi penguasaan bola, khususnya setelah mereka tertinggal lebih dahulu. Sayangnya mereka kesulitan untuk memberikan ancaman nyata di pertahanan Irak.

Gol Irak dipersembahkan oleh Aymen Hussein. Ia mengemas brace di laga ini. Sementara itu gol Jepang dihasilkan Wataru Endo.

Hasil ini membuat Irak menjadi pemuncak klasemen sementara Grup D PIala Asia 2023 dengan raihan enam angka. Sementara itu Jepang turun ke peringkat kedua dengan koleksi tiga angka.

Irak mencoba mengontrol jalannya laga sejak awal. Mereka bermain agresif untuk menekan pertahanan Jepang.

Hasilnya langsung terlihat pada menit keenam. Aymen Hussein menjebol gawang Jepang dengan tandukannya.

Ia memanfaatkan bola liar hasil operan dari halfspace kiri yang ditepis kiper Zion Suzuki. Sempat ada pemeriksaan VAR tapi gol ini akhirnya tetap disahkan wasit. 1-0!

Setelah kebobolan, Jepang langsung bermain dengan lebih agresif. Beberapa serangan mereka berhasil masuk ke kotak penalti. Namun tak ada yang benar-benar mengancam Jalal Hassan.

Jepang terus berusaha dengan keras. Tapi usaha mereka tak membuahkan hasil. Justru malah Irak yang sukses mencetak gol keduanya.

Lagi-lagi, Aymen Hussein menjebol gawang Suzuki pada masa injury time 45+4′. Ia menanduk bola hasil umpan silang dari flank kiri.

Gol itu jadi penutup laga babak pertama. Irak 2-0 Jepang. Jepang berusaha langsung bermain agresif lagi di babak kedua.

Kemudian terjadi insiden di kotak penalti Irak pada menit ke-57. Ada pelanggaran yang dilakukan bek Irak pada penyerang Jepang.

Wasit sempat menunjuk titik penalti. Tapi setelah diperiksa melalui VAR, keputusan penalti itu dianulir.

Jepang kemudian terus berusaha menggedor pertahanan Irak. Namun mereka kesulitan untuk menghadirkan ancaman nyata ke gawang Jalal Hassan.

Namun kemudian secuil harapan muncul. Pada menit 90+3 Wataru Endo menjebol gawang Irak. Ia menanduk sepak pojok dari sisi kanan pertahanan lawan.

Sayangnya setelah itu mereka kehabisan waktu untuk mencetak gol kedua. Irak pun menang 2-1 atas Jepang.

Hasil ini bisa dibilang kejutan. Sebab Jepang merupakan tim dengan rangking FIFA tertinggi di grup ini. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru