25 C
Medan
Jumat, Juli 5, 2024

Tinjau Puskesmas Toroh 1, Presiden Pastikan Tiap Puskesmas Miliki Alat USG Kehamilan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Tengah (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Puskesmas Toroh 1, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Negara RI ingin memastikan bahwa setiap puskesmas telah memiliki alat USG (ultrasonography) untuk membantu pemeriksaan kehamilan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan ini adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

“Pagi hari ini saya datang ke Puskesmas Toroh 1 di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, ingin memastikan bahwa puskesmas memiliki USG untuk mengecek kehamilan,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada media usai peninjauan.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia telah mendistribusikan alat USG tersebut kepada 10 ribu puskesmas yang ada di seluruh Tanah Air.

Presiden Jokowi juga menyebut bahwa alat USG tersebut memiliki sistem yang baik sehingga diharapkan dapat membantu mengentaskan stunting di Indonesia.

“Kita harapkan nanti semuanya memiliki USG sehingga kehamilan ibu, bayi bisa dideteksi lebih dini dan semua data masuk ke pusat data di Jakarta. Ini penting sekali dalam rangka pengentasan stunting,” jelas Presiden Jokowi.

Selain alat USG, pemerintah Indonesia juga memberikan alat timbang bayi ke sejumlah posyandu di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan pemerintah sebagai langkah awal penanganan stunting yang akan terus diperbaiki ke depannya.

“Ada 300 ribu timbangan yang sudah kita berikan, yang sebelumnya tidak ada semuanya sekarang diberikan sehingga juga cek berat badan bayi, panjang balita, semuanya bisa dicek. Ini saya kira penanganan sejak dini seperti ini yang akan terus kita perbaiki,” ucap Presiden Jokowi. (R3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru