26.7 C
Medan
Selasa, Mei 21, 2024

Jumlah Pasien Alami Gangguan Jiwa Paling Tinggi di RSJ Ildrem Karena Masalah Rumah Tangga

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dokter Poli Klinik RSJ Prof Dr Ildrem Sumut dr Ricky W Tarigan dari mengatakan pasien di RSJ ini kebanyakan mengalami gangguan jiwa dengan penyebab masalah rumah tangga, ekonomi, pekerjaan. Tapi disebutnya paling tinggi disebabkan masalah rumah tangga.

Terkait berapa besar potensi caleg gagal alami gangguan jiwa, dr Ricky menjelaskan, terlebih dahulu bahwa sebelum mengalami gangguan jiwa ada beberapa gejala yang harus diketahui yakni rasa khawatir, rasa takut, tidak bisa tidur.

“Ini merupakan awal gangguan jiwa atau tanda-tanda awal. Maka kami menyarankan apabila ada tanda-tanda awal prodromal itu muncul lebih baik melakukan wawancara, screening atau konsultasi,” imbaunya.

Ia menyarankan agar datang ke RSJ Prof Dr Ildrem Sumut, jangan malu, lepaskan stigma bahwa orang yang datang ke dokter spesialis jiwa itu identik dengan ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa.

“Jadi para caleg untuk bisa datang kesini jika mengalami gangguan serupa sebelum terjadi gangguan jiwa,” terangnya.

Sementara, kalau potensi pada diri manusia itu berdasarkan teori seorang manusia kemungkinan memiliki 1 persen untuk mengalami gangguan jiwa. Kecuali mereka punya kaitan genetik itu bisa 8-12 persen bisa mengalami gangguan jiwa.

“Jadi untuk prevalensi teman-teman caleg ini, mungkin secara individual tidak bisa kita sampaikan, tapi secara teori ada potensi mengalami gangguan jiwa. Jika ada mengalami gangguan awal, silahkan datang ke RSJ Prof Ildrem. Kami siap 24 jam memberikan pelayanan kepada mereka para caleg itu,” pungkasnya dan mengatakan kalau untuk temuan caleg gagal paling banyak berobat ke praktek jiwa swasta. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru