26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Presiden Jokowi Janji Tambah Peralatan Kesehatan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tebingtinggi (buseronline.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) silahturahmi dengan ribuan peserta JKN-KIS di Gedung Asber, Kota Tebingtinggi.

Silahturahmi dengan peserta JKN-KIS dengan tema Menuju cakupan semesta yang bermutu dan berkesinambungan.

Jokowi mengatakan berdasarkan laporan Wakil Menteri Kesehatan RI maka tahun ini akan menambah peralatan kesehatan di Rumah Sakit Kumpulan Pane.

“Segera ajukan permohonan anggaran agar bisa segera mungkin menambah peralatan kesehatan,” kata Jokowi.

Ia menjelaskan bahwa saat ini penduduk Indonesia yang memiliki kartu KIS sebanyak 267 juta jiwa. Artinya penduduk itu nantinya bila masuk rumah sakit tidak dipungut biaya alias sudah ditanggung negara.

“Kemudian di antaranya 96 juta jiwa penerima bantuan iuran (PBI) ditanggung APBN pemerintah. Jadi urusan kesehatan warga Indonesia khusus untuk BPJS Kesehatan setiap tahun menganggarkan sebesar Rp46 triliun setiap tahunnya,” tuturnya.

Ia menyapa peserta dengan menanya kartu KIS warnanya seperti apa. Apakah kartu KIS dibawa ke RS bila sakit cuci darah, operasi penyakit lain dan sakit lainnya apa dikutip biaya. Semua peserta menjawab gratis.

Kunjungan silahturahmi tersebut, Jokowi membagikan dua unit sepeda dan warga mendapatkan ribuan paket bantuan presiden.

Sebelumnya silahturahmi JKN-KIS, Jokowi beserta rombongan ke Rumah Sakit Kumpulan Pane untuk meninjau pelayanan kesehatan dan dilanjutkan dengan pembagian kaos. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru