27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD Parapat, Ini Disampaikan Bupati Simalungun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat.

Ia mengatakan seluruh RSUD di Kabupaten Simalungun akan dibenahi untuk menjadi rumah sakit yang profesional.

Alokasi anggaran bakal dikucurkan. Pelayanan kesehatan 24 jam. Juga dilaksanakan pelayanan deteksi kanker dini (Papsmear).

Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Simalungun sedang berupaya membenahi seluruh RSUD, seperti RSUD Parapat, RSUD Perdagangan dan RSUD Tuan Rondahaim Pamatangraya.

Pembangunan RSUD Parapat diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. “Seluruh RSUD di Kabupaten Simalungun akan kita buat menjadi rumah sakit yang profesional. Kita sudah menganggarkan untuk RSUD dan harus full 24 jam dalam pelayanan,” jelasnya.

Dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Simalungun juga mempersiapkan dokter-dokter spesialis yang profesional. Hak dan kewajiban para tenaga kesehatan (nakes) akan dipenuhi.

“Target ke depan, RSUD Parapat akan menjadi pilihan untuk berobat. Kita sudah sampaikan kepada Dinas Kesehatan agar seluruh Puskesmas membuat rujukan ke RSUD Parapat,” urainya.

Radiapoh berkomitmen ingin mengubah paradigma tentang pelayanan kesehatan di Simalungun. Para nakes disarankan agar memberikan pelayanan optimal yang terbaik bagi masyarakat.

Sebagaimana diketahui, RSUD Parapat mendapat enam Keputusan Menteri Kesehatan RI, yaitu sebagai rumah sakit jejaring pengampuan pelayanan prioritas kanker, stroke, jantung, uronefrologi, kesehatan ibu dan anak serta kesehatan jiwa strata madya.

Sementara, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung yang ikut hadir pada acara itu menyampaikan apresiasi kepada bupati dan Direktur Utama RSUD Parapat dr Jimmi Gultom, yang dinilai gencar mengupayakan anggaran dari pusat.

“Kabupaten Simalungun patut bersyukur punya bupati yang begitu aktif dan selalu memikirkan pembangunan di daerahnya. Seperti inilah yang saya suka,” tuturnya.

Ia mengatakan, akan membantu menarik anggaran dari pusat untuk Kabupaten Simalungun, termasuk anggaran untuk pembangunan RSUD Parapat.

Rangkaian acara dirakit dengan pemberian bantuan vitamin dan susu kepada ibu hamil, pemeriksaan PAP Smear gratis, pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu dan penyerahan satu unit ambulance dari Bank Sumut kepada RSUD Parapat.

Hadir juga Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Dinas Kesehatan Simalungun Edwin Toni SM Simanjuntak dan lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru