25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Simalungun Tertibkan APK

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Bawaslu Kabupaten Simalungun menertibkan ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) di hari pertama masa tenang penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Bawaslu bekerjasama dengan petugas Satpol PP menertibkan ribuan APK pada hari ini,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Simalungun Diamanson Purba.

Dalam kaitan penertiban APK, dikerahkan juga para petugas dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Desa/Kelurahan. Sejumlah truk diturunkan untuk mengangkut APK, seperti baliho, spanduk dan umbul-umbul.

Menurutnya, masa tenang dimulai, 11 sampai 13 Februari 2024. Masa tenang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye Pemilu.

“Jadi, tidak bisa lagi kampanye. Seluruh partai politik supaya menertibkan APK yang terpajang di kantor pemenangan atau kantor partai politik,” ujarnya.

Ia memberi imbauan kepada tim kampanye untuk tidak melakukan kampanye pada masa tenang dan secara sukarela membersihkan APK. Seluruh calon agar memberi contoh yang baik dalam ketaatan peraturan.

Menjelang pencoblosan, Bawaslu Simalungun juga akan berpatroli untuk memastikan tidak ada money politics atau politik uang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru