26 C
Medan
Senin, Juli 8, 2024

Kakanwil Kemenkumham Sumut Tinjau Kesiapan Pemilu 2024 di Lapas Pancurbatu

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pancurbatu (buseronline.com) – Kakanwil Kemenkumham Sumut M Jahari Sitepu beserta rombongan memantau kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan dilaksanakan, Rabu, 14 Februari 2024 di Lapas Kelas IIA Pancurbatu.

Disambut oleh Kepala Lapas Kelas IIA Pancurbatu Haposan Silalahi dan jajaran, kegiatan kunjungan kerja ini merupakan bagian dari upaya Kemenkumham Sumut untuk memastikan bahwa semua warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapatkan hak pilih mereka dalam Pemilu yang akan datang.

Dalam kunjungannya, Jahari mengecek langsung berbagai persiapan yang telah dilakukan Lapas Kelas IIA Pancurbatu, mulai dari kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan, hingga sistem pengamanan yang akan diterapkan selama proses pemungutan suara berlangsung.

Jahari menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan, agar proses pemilihan umum dapat berjalan lancar dan demokratis.

Seperti diketahui, Lapas Kelas IIA Pancurbatu sendiri terdapat tiga TPS yang akan digunakan 668 orang warga binaan yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Saya tekankan kembali, pada tanggal 14 Februari nanti kita kita wajib menyukseskan Pemilu 2024. Lakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi di dalam Lapas Kelas IIA Pancurbatu, bangun sinergi dengan aparat penegak hukum (APH) lainnya serta kembali pada prinsip dasar pemasyarakatan, karena di dalam Lapas ini juga ada hak dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk memilih pada tanggal tersebut,” ujar Jahari.

Pada kesempatan itu, Jahari menekankan perlunya pengawasan ekstra dari petugas agar tidak terjadi gangguan keamanan di Lapas. “Karena gangguan tersebut dapat terjadi kapan saja terlebih lagi suasana Pemilu yang sangat sensitif seperti sekarang ini,” tegasnya. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru