26 C
Medan
Senin, Juli 8, 2024

Puskesmas di Kota Bandung Buka 24 Jam Selama Tiga Hari Masa Pemilu 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bandung (buseronline.com) – Tak hanya persiapan logistik, Pemerintah Kota (Pemko) Bandung juga turut menyediakan fasilitas kesehatan untuk menunjang suksesnya pemilu akbar 2024.

Salah satunya dengan membuka 80 puskesmas selama 24 jam dari 14-15 Februari 2024. Bahkan, ada delapan puskesmas yang jadwalnya tetap beroperasi 24 jam hingga 16 Februari 2024.

“Kami ingin agar kesehatan para petugas penyelenggara pemilu bisa tetap terjaga. Oleh karena itu, Pemko Bandung menyediakan layanan faskes 24 jam. Kami juga memberikan suplemen bagi para penyelenggara agar bisa bekerja lebih optimal,” kata Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Ia mengimbau agar para petugas mampu mengelola fisik dan waktu. Sehingga kejadian pahit seperti pemilu 5 tahun lalu tak terulang kembali.

Bambang juga berharap agar tahun ini tingkat partisipasi pemilih di Kota Bandung bisa semakin meningkat.

“Pemilu sebelumnya kita mencapai 87 persen. Kali ini partisipasi kita harus bisa di angka 90 persen. Pemko Bandung bersama Forkopimda sangat mendukung untuk terselenggaranya dan terwujudnya pemilu yang kondusif, aman, damai, dan sejuk,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian menyebutkan, seluruh Puskesmas akan mulai beroperasi 24 jam pada 14 Februari 2024 mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 15 Februari 2024 di pukul 22.00 WIB.

“Namun pada 16 Februari, ada 8 Puskesmas yang tetap buka untuk mengantisipasi jika ternyata masih ada kegiatan pemilu. Kami siap memberikan bantuan dan pertolongan jika ada yang membutuhkan tenaga medis,” tutur Anhar.

Ia memaparkan, sebanyak 57.084 petugas Pemilu telah diperiksa kesehatannya oleh tenaga kesehatan Puskesmas.

“Jika ada petugas yang sudah terlihat lelah, segera infokan ke puskesmas. Biar petugas puskesmas segera datang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Petugas kami sudah punya data by name dan by address pasien,” ungkapnya.

Ia juga menyebut, vitamin telah terdistribusi ke seluruh Puskesmas. Para petugas Puskesmas pun telah mendistribusikan suplemen tersebut ke petugas KPPS, linmas, Babinsa, Babinkamtibmas, dan petugas kewilayahan yang terlibat secara intensif dalam pelaksanaan pemilu.

“Bila masih ada kekurangan jumlah, segera hubungi Puskesmas agar bisa meminta penambahan dari Dinkes secepatnya,” ujarnya.

Jumlah vitamin yang diberikan Dinkes Kota Bandung dapat dikonsumsi mulai 12-15 Februari 2024. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru