24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Sekda Garut Sampaikan Indeks Pembangunan Manusia di Lingkup Dinas Pendidikan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Garut (buseronline.com) – Sekda Garut Nurdin Yana memimpin apel pagi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Nurdin menyampaikan beberapa hal penting terkait pembangunan di Kabupaten Garut. Salah satu poin yang diutarakan adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, IPM Kabupaten Garut tahun 2023 sebesar 68,11 poin yaitu meningkat 0,7 Point dari tahun 2022 yang sebelumnya sebesar 67,41 poin.

Sementara untuk Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Tahun 2023 sebesar 7,84 tahun dan Harapan Lama Sekolah sebesar 12,16 tahun.

“Indeks pendidikan kita ada di 59,85 artinya hampir di angka 60 secara agregat itu bapak ibu sekalian,” ucapnya.

Nurdin mengapresiasi pencapaian Angka Partisipasi Murni (APM) di tingkat SD yang mencapai 97,18, serta APM di tingkat SMP yang mencapai 83,28.

Nurdin Yana menyoroti peran penting para pegawai Dinas Pendidikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan peran sebagai sumber amal ibadah melalui pelayanan di bidang pendidikan.

Dia juga menyampaikan, pelayanan di bidang pendidikan bersifat multilevel marketing, yang memberikan dukungan kepada guru dalam mengajar siswanya. Dalam mendidik generasi yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain, berimbas kepada yang terlibat akan mendapatkan pahala.

“Maka berbahagialah, bapak dan ibu mendapat pahala dari anak yang bapak ibu didik dan tak mengurangi pahala yang dilakukan,” katanya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru