30.6 C
Medan
Sabtu, Mei 18, 2024

Polres Simalungun Gelar Patroli Tertib Lalulintas Pasca Pemilu 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Simalungun mengadakan Patroli Dialogis bersama Blue Light Patrol (BLP). Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 21.00 WIB di Jalan Pematangsiantar-Parapat Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Patroli malam hari ini bertujuan untuk mengantisipasi dan menekan terjadinya pelanggaran lalu lintas, balap liar, serta kejahatan jalanan dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas yang aman, tertib, dan lancar di wilayah hukum Polres Simalungun. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai langkah preventif pasca pelaksanaan Pemilu 2024.

Iptu Jonni FH Sinaga SH selaku Kasat Lantas Polres Simalungun, bersama Iptu Arwansyah Batubara KBO Sat Lantas yang bertindak sebagai Padal Lantas dan didukung tujuh personil Sat Lantas, berhasil mencapai hasil yang signifikan.

Tidak ada pelanggaran dan kecelakaan yang ditemukan selama kegiatan berlangsung, menandakan kesuksesan Patrol Blue Light dalam menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Selain itu, Kasat Lantas menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk Cooling System pasca Pemilu, bertujuan untuk mengimbau masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam patroli tersebut, tim juga memberikan edukasi terkait kondisi cuaca yang berpotensi mengakibatkan bencana alam, serta kesiapan Polri dalam menghadapi berbagai kemungkinan akibat perubahan iklim.

Pasca pengamanan pencoblosan Pemilu 2024, banyak masyarakat memberikan apresiasi kepada Polri atas jalannya pemilu yang aman dan damai.

Kegiatan Patroli Dialogis dengan Blue Light Patrol ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat yang menganggap kegiatan ini membantu menciptakan suasana yang kondusif dan aman di wilayah Simalungun.

Dalam kesempatan yang sama, Iptu Jonni FH Sinaga menekankan pentingnya sinergitas antara TNI-Polri dalam melayani masyarakat dan menjaga kondisi kamtibmas.

“Kerjasama yang solid antara TNI dan Polri bukan hanya sebatas tugas pokok dan fungsi (tupoksi) semata, namun lebih dari itu, merupakan sebuah aksi kemanusiaan dari abdi negara yang bertekad untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan damai bagi masyarakat,” ungkapnya.

Iptu Jonni Sinaga mengungkapkan, melalui kegiatan patroli dan berbagai kegiatan pelayanan lainnya, TNI-Polri berusaha membangun kemitraan yang kuat dengan masyarakat. Kolaborasi ini diperlukan untuk mewujudkan suasana kamtibmas yang kondusif terutama dalam situasi pasca pemilu yang sering kali rentan akan gesekan.

“Kegiatan seperti Blue Light Patrol ini justru menjadi momen penting bagi kami untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, menyerap aspirasi mereka, serta secara langsung memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan. Kami ingin masyarakat merasa memiliki, merasa terlibat, dan tentunya merasa terlindungi,” tambah Kasat Lantas.

Ia menegaskan bahwa kemitraan ini akan terus ditingkatkan tidak hanya melalui operasional di lapangan, tapi juga melalui berbagai program sosialisasi, edukasi, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya yang melibatkan partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat.

“Pesan yang ingin kami sampaikan melalui kegiatan ini ialah TNI-Polri selalu siap sedia melayani masyarakat. Kami akan terus berusaha menjaga dan meningkatkan sinergitas ini sebagai wujud aksi kemanusiaan kami sebagai abdi negara. Kami berharap, melalui kerja sama ini, kita semua dapat menjaga keutuhan dan kedamaian negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Adanya patroli ini membuktikan komitmen Polres Simalungun dalam menjaga kondisi kamtibmas yang selaras dengan keinginan bersama untuk mengedepankan keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Cuaca cerah yang mendukung selama pelaksanaan patroli menjadi bonus tersendiri yang memudahkan pelaksanaan kegiatan.

Polres Simalungun berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan serupa guna menjamin keamanan dan kenyamanan berlalu lintas bagi seluruh masyarakat. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru