25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

802 Peserta Ikuti Lomba MTQ Tingkat Simalungun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Sebanyak 802 peserta mengikuti berbagai perlombaan pada Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat Kabupaten Simalungun, di Lapangan Bolakaki PTPN IV Kebun Bahjambi, Kecamatan Jawamaraja Bahjambi.

MTQ yang berlangsung selama 4 hari itu dibuka Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, dengan mengusung tema “Meneguhkan pengamalan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang religius, maju dan sejahtera”.

Sebanyak 9 cabang diperlombakan pada MTQ kali ini, yaitu cabang mujawwad, tartil, qiroat Quran, tahfidz, karya tulis ilmiah, tafsir Quran, fahmil, syahril dan khottil. Perlombaan itu dilaksanakan di 7 lokasi.

Ketua Panitia, Ramadhani Purba yang juga menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Simalungun mengatakan, MTQ bukan hanya sekedar peneguhan syiar Islam, tetapi memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukasi kitab suci Al Quran.

“MTQ ini diharapkan menjadi barometer untuk mengukur pembelajaran Al Quran,” ujarnya.

Selama berlangsungnya MTQ, katanya, Pemkab Simalungun menggelar layanan administrasi kependudukan seperti Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Identitas Anak (KIA) dan dokumen Akte Lahir secara gratis.

Juga diadakan layanan kesehatan kepada peserta dan masyarakat, layanan perpustakaan keliling untuk menumbuhkan minat baca masyarakat terutama para pelajar.

Sementara itu, Kementerian Agama menggelar layanan haji dan umroh, pendidikan Islam dan memberikan informasi pelayanan nikah bagi masyarakat yang membutuhkan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru