28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Jelang Puasa, BBPOM Medan Lakukan Pengawasan Bahan Pangan Aman

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Menjelang bulan puasa 2024, BBPOM Medan melakukan intensifikasi pangan dan bahan pangan guna menjamin bahan pangan yang aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Pengawasan tersebut secara rutin terus dilakukan di lapangan, namun setelah memasuki bulan Ramadhan akan ditingkatkan frekuensi pengawasan mengingat tingginya pemakaian masyarakat baik pangan dan bahan pangan.

Hal itu, dikatakan Kepala BBPOM Medan Drs Martin Suhendri Apt MFarm terkait pengawasan yang dilakukan petugas BBPOM Medan.

Martin mengatakan saat ini tim BBPOM Medan sudah diturunkan ke lapangan guna melakukan pengawasan pangan dan bahan pangan.

Namun seperti biasa, setiap menjelang hari raya keagamaan terus melakukan pengawasan setiap tahun yang dilakukan secara bertahap guna menghindari adanya oknum yang sengaja memanfaatkan tingginya minat masyarakat terhadap bahan pangan dan pangan.

Selain pihak BBPOM Medan juga dilakukan kordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan guna menjamin pangan dan bahan pangan aman yang dikonsumsi masyarakat.

Seperti biasa, kata Martin, pengawasan setiap Ramadan selain pangan dan bahan pangan juga dilakukan pengawasan terhadap panganan seperti takjil yang diperjualbelikan pada saat puasa.

Tentunya, bertujuan untuk menciptakan rasa aman dalam mengkonsumsi pangan dan dilakukan pengawasan melalui pengujian bahan pangan, apakah menggunakan bahan yang berbahaya seperti pewarna dan bahan pengawet yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Tentunya, ia mengharapkan agar masyarakat bisa lebih bijak dan pintar dalam membeli panganan maupun bahan pangan yang baik.

Serta mempedomani “Cek KLIK”, cek kemasan, label, ijin edar dan kadaluarsa. “Jangan tergiur dengan berbagai promosi diskon yang tinggi sehingga mengabaikan persyaratan pangan yang sehat dan aman,” ujar Martin. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru